Tempuling,  Anemia adalah suatu kondisi dimana keadaan kadar hemoglobin/Hb didalam darah lebih rendah dari yang seharusnya/normal. Penyebab Anemia diantaranya adalah produksi sel darah merah tidak optimal, contohnya karena zat besi yang dibutuhkan untuk pembuatan sel darah merah didalam tubuh kurang, kerusakan atau destruksi sel darah merah yang eksesif, misalnya pada malaria, kehilangan darah yang eksesif, misalnya karena perdarahan dan cacingan.

Menindaklanjuti pencegahan anemia pada remaja putri, Nelly, Amg selaku pemegang program Gizi di dampingi Azmir, Skm selaku Kasubbag Tata Usaha serta beberapa orang Nakes dan Perawat UPT Puskesmas Sungai Salak melaksanakan sosialisasi pencegahan anemia dengan pemberian tablet tambah pada remaja putri dengan sasaran siswi MtsN Nurul Hidayah yang diadakan di Aula sekolah pada tanggal 05 Maret 2018 dari pukul 09.00 s/d 12.00 WIB. Pertemuan sosialisasi dan penguatan peran sekolah tersebut menitikberatkan pada paparan tentang apa itu anemia, penyebab, pencegahan, bahaya, dan teknis pemberian tablet tambah darah pada siswi remaja putri agar cakupan pemberiannya meningkat dari 2 tahun sebelumnya. Setelah sosialisasi ini diharapkan pihak sekolah dapat mensosialisasikan program ini ke siswi-siswi tersebut secara berkelanjutan.

Selanjutnya pihak puskesmas akan melaksanakan monitoring terkait pemberian tablet tambah darah pada para siswa putri di masing-masing sekolah sekolah yang dilaksanakan dan diawasi oleh para guru sekolah ataupun wali kelas dengan frekuensi pemberian 1x seminggu setiap hari Senin secara serentak pada saat jam istirahat sekolah. Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan gejala anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal menjelang kehamilan nantinya.

Semoga dengan rutin meminum tablet tambah darah ditunjang pemberian nutrisi yang baik, remaja putri Tempuling akan menjadi remaja yang lebih sehat.

Promkes: Asmuliyanti

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini