Skip to main content

WASPADAI BERBAGAI PENYAKIT DIMUSIM HUJAN PKM PENGALIHAN ENOK LAKUKAN PEMERIKSAAN PRAMBUSIA

IMG-20170301-WA0045Rabu 01 maret 2017 puskesmas pengalihan enok melakukan pemeriksaan Prambusia sekaligus memberikan penyuluhan serta menampilkan pemutaran film tentang menjaga lingkungan hidup dan menjaga diri dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat/PHBS sejak dini di SD O13, apalagi sekarang lagi musim hujan oleh karena itu Kegiatan ini dilakukan agar siswa/siswi dapat memahami serta membiasakan diri untuk hidup sehat dari sekarang yaitu  dengan  cara menjaga badan dari timbulnya penyakit serta lingkungan sekitar. Dengan hidup sehat kita dapat terhindar dari penyakit terutama penyakit Prambusia.

Prambusia merupakan penyakit kulit infeksi sistemik menahun yang disebabkan oleh Treponema Portenue Penyakit ini lebih sering menyerang orang-orang di daerah tropis. Kurangnya kebersihan dan musim hujan dapat mempercepat penyebaran penyakit ini. Populasi yang padat seperti sekolah, asrama, dan pasar memudahkan penyebaran penyakit ini.

Setelah dilakukan penyuluhan serta pemutaran film selanjutnya puskesmas pengalihan Enok melakukan langsung pemeriksaan prambusia pada anak-anak yang memiliki kudis/korengan yang berbentuk seperti tonjolan padat di permukaan kulit yang selanjutnya menjadi banyak berkelompok. Biasanya mengeluarkan serum berwarna kuning cokelat yang melekat pada tonjolan tersebut. Serum ini lama kelamaan mengering di permukaan kulit. Tonjolan yang ditutupi oleh cairan yang sudah mengering tersebut disebut induk patek. Kelenjar getah bening membesar, penderita panas dingin, dan sakit keras bahkan penyakit ini dapat merusak/menyerang hingga sampai tulang rawan hidung.IMG-20170301-WA0046

Pengobatan dapat dilakukan dengan penyuntikan antibiotika penisillin, misal : Benzatin Penicillin dosis tunggal 2,4 juta Intra muskular. Pada anak-anak diberikan setengah dosis dewasa. Jika tidak tahan penisillin dapat diberikan Eritromisin 20-50 mg/kg BB selama 2-4 minggu.

Untuk itu anak-anak SD 013 diajarkan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat yaitu melakukan Pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan badan, terutama kulit. Jagalah kebersihan lingkungan terutama pada waktu hujan, karena penyakit ini lebih mudah menular pada saat musim hujan. KATAKAN  “AYO HIDUP SEHAT SEJAK DINI”.

Sumber: Tenaga Promkes Rahayu, Amd.Keb, SKM (Puskesmas Pengalihan Enok).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *