Tembilahan – Jaringan Intranet Dinas Kesehatan (Dinkes) Indragiri Hilir (Inhil) yang sudah terhubung ke beberapa Puskesmas, baik itu daratan ataupun perairan dengan system Data Center, Cloud, dan Apps didalamnya.

Semua itu dilengkapi dengan Sistem Penyimpanan (storage) kapasitas besar.

Seperti yang dijelaskan, Kepala Subbagian (Kasubag) Perencanaan Media Center Team (MCT) Arman, Kamis (15/8/2019) pagi, semua Puskesmas akan lebih mudah dalam menjalani kegiatan input data secara online dan realtime tanpa harus bermasalah dalam bidang koneksi.

“Karena dengan terobosan dan mengejar jaman yang tidak mungkin menggunakan system manual, baik itu dalam wilayah terpencil sekaligus,” cakapnya.

Lanjut, dengan mengaktifkan koneksi baru dalam hal Komunikasi Suara (VOICE PHONE IP) atau Telpon Lokal, yang akan terhubung dengan jaringan lokal Dinkes, yang nantinya akan bisa komunikasi antara Dinkes dan Puskesmas

“Akan lebih mudah lagi komunikasi dan tanpa harus menggunakan beban pulsa, dan ini otomatis akan cepat dalam hal pelayanan dan data tentunya,” tuturnya lagi

Tenaga Bidang Jaringan MCT Rendra Fahlezi mengatakan, terobosan tersebut akan sangat membantu khususnya daerah terpencil sekaligus, yang kadang wilayah tersebut sangat minim koneksi signal jaringan GSM apalagi 4G.

“Dengan IP PHONE yang sudah terhubung dengan Tower Intranet Dinkes, jaringan tersebut akan bebas dari beban biaya karena sifatnya lokal akses, yang sudah terhubung dalam server (datacenter) Dinkes,” tukas Rendra.

Terlebih dalam hal komunikasi setiap bidangnya yang akan lebih mudah dalam hal pelayanan dan input laporan data, katanya.

Lebih dari itu Dinkes Inhil sudah melakukan terbosan baru dalam hal IT, salah satunya CCTV Online yang beberapa Puskesmas sudah aktif, dan itu juga menggunakan jaringan Lokal Dinas Kesehatan.(ded)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini