Skip to main content

UPT PUSKESMAS TELUK PINANG BERIKAN SOSIALISASI KTR SEKALIGUS MELANJUTKAN VAKSINASI MR

Kamis, 26 Juli 2018. UPT Puskesmas Teluk Pinang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di MTS Nurul Falah dan sekaligus melanjutkan Vaksinisasi MR di SDN 16 Penagih yang letaknya bersebelahan dengan MTS Nurul Falah.

Sosialisasi KTR ini bertujuan memberikan perlindungan dari bahayanya asap rokok bagi perokok aktif maupun pasif, melindungi kesehatan masyarakat dari dampak buruk merokok baik langsung maupun tidak langsung dan menciptakan lingkungan bersih, sehat dan bebas dari asap rokok. Kawasan Tanpa Rokok merupakan ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan atau mempromosikan rokok pada area fasilitas pelayanan kesehatan tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat lain yang sudah ditentukan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 05 Tahun 2016.

Jarak sekolah sekitar 5 KM dari Puskesmas Teluk Pinang dan separuh jalannya masih merupakan jalan tanah yang apabila diguyur hujan akan sulit dilalui kendaraan bermotor, sehingga harus berjalan kaki. Walaupun akses ke sekolah tersebut lumayan susah karena jalan tanah yang becek dan tak bisa dilalui kendaraan bermotor, kami tetap melaksanakannya, karena selain daripada tugas kami, nanti kalau ditunda terus tidak baik” ujar Kurota Ayun, SKM, Tenaga promkes UPT Puskesmas Teluk Pinang.

Seiring dengan pelaksanaan sosialisasi KTR ini, juga dilaksanakan Vaksinasi MR untuk melanjutkan sesuai arahan dari Dinas Kesehatan kabupaten Indragiri Hilir.

“Penolakan tetap ada dari orangtua murid untuk penyuntikan ini, tapi setelah dilakukan penyuluhan dan edukasi tentang MR ini, setidaknya mengurangi jumlah masyarakat yang menolak” ujar dr. Yayan Julianto, dokter umum Puskesmas Teluk Pinang.

Narasumber : Kurota Ayun, SKM ( Promkes PKM Teluk Pinang )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *