07/03/2018. Masih dalam rangkaian peringatan hari kanker sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 04 Februari Puskesmas Sungai Salak mengadakan kegiatan pemeriksaan IVA dan SADANIS secara gratis bagi semua wanita usia subur di kec. Tempuling.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini kanker leher rahim dengan metode inspeksi visual asam asetat (IVA) dan deteksi dini kanker payudara dengan metode periksa payudara klinis (SADANIS). Kegiatan ini bertujuan utk meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan masyarakat mengenai bahaya kanker karna saat ini penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia, kanker menjadi penyebab kematian sekitar 8,2 juta orang dan kanker payudara adalah penyebab terbesar kematian akibat kanker setiap tahunnya. Untuk itu, upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat karna 43% dari seluruh kasus kanker daapt dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Tema hari kanker sedunia tahun ini yaitu “kita bisa, Aku bisa” berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan perannya masing2 dlm rangka mengurangi beban akibat kanker. Hari kanker sedunia merupakan kesempatan utk merefleksikan apa yang dapat kita semua lakukan untuk membuat perubahan dalam perjuangan melawan kanker.

Menurut pemegang program penyakit tidak menular Yasinta Wintry, SST saat ini puskesmas Sungai Salak telah melaksanakan kegiatan ini di 3 wilayah yaitu di Teluk Jira, Parit Sekacau dan Parit Siantan kec. Tempuling. Kedepannya, kami akan melakukan kegiatan yang sama di beberapa wilayah kec. Tempuling lainnya seperti desa Mumpa, desa harapan jaya, Teluk Kiambang dan desa Harapan Jaya. Harapannya agar setiap wanita usia subur dapat mengetahui status kesehatannya secara periodik.

Promkes : Asmuliyanti

Sending
User Review
0 (0 votes)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini