Tempuling,29/12/2018. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas kesehatan untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Pada Bulan Desember 2018, UPT. Puskesmas Sungai Salak melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di tiga Desa yang bertempat di Desa Mumpa (17 Desember 2018), Desa Karya Tunas Jaya (29 Desember 2018) dan Desa Teluk Jira (akan dilaksanakan minggu depan) ujar Saiful Ahwan, S. Kep selaku Kepala Puskesmas Sungai Salak.

Adapun peserta MMD ini terdiri dari kepala Desa, kepala dusun, kader, ketua RT/RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua pemuda/i dan lintas sektor terkait.

Seluruh peserta MMD sangat antusias dalam diskusi kelompok untuk mengidentifikasi masalah serta menetapkan prioritas masalah. Selanjutnya perwakilan warga desa, kader dan tokoh masyarakat ini secara bersama-sama menggali dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di wilayahnya sehingga muncul berbagai usulan rencana kegiatan untuk tahun 2019.

MMD dilaksanakan atas dasar Survei Mawas Diri (SMD) yang telah dilakukan sebelumnya. Survei Mawas Diri (SMD) adalah kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Potensi yang dimiliki antara lain ketersediaan sumber daya, serta peluang – peluang yang dapat dimobilisasi. Hal ini penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat sendiri agar selanjutnya masyarakat dapat digerakkan untuk berperan serta aktif memperkuat upaya-upaya perbaikan sesuai batas kewenangannya. Kegiatan Survei Mawas Diri di wilayah kerja Puskesmas Sungai Salak telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 dengan mengambil sampel dari tiga Desa yaitu Desa Mumpa, Desa Karya Tunas Jaya, dan Desa Teluk Jira yang ada di Wilayah kerja UPT. Puskesmas Sungai Salak dengan jumlah total responden masing-masing sebanyak 125 KK per desa.

Secara umum kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tahun 2018 di Puskesmas Sungai Salak telah berjalan dengan lancar dan berbagai macam usulan rencana kegiatan yang berasal dari hasil analisis kebutuhan masyarakat ini akan di tindaklanjuti ditahun berikutnya. Ujar Kepala Puskesmas Sungai Salak Saiful Ahwan, S. Kep

Promkes Sei Salak : Asmuliyanti, SKM

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini