Skip to main content

UPT PUSKESMAS SUNGAI SALAK DAN LINTAS SEKTOR GELAR MMD

Lurah Sungai Salak beserta Kepala Upt Puskesmas Sungai Salak, menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil Survey Mawas Diri (SMD) Bertempat di Aula Kantor Desa Sungai Salak (04/01/2018).

Hadir dalam musyawarah tersebut Sekretaris Camat Kecamatan Tempuling Drs H. Hamlan, Kepala Desa Sungai Salak, Suardi, S. Sos, beserta perangat desa, tenaga kesehatan Puskesmas Sungai Salak hadir Kepala Tata Usaha Puskesmas Sungai Salak Azmir, SKM, Dan hadir juga Ketua Ibu Lurah Rosdinah, Ketua Pemuda, Bidan Desa, para ketua RT, RW, Kader Posyandu, PKK Desa Sungai Salak dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Upt Puskesmas Sungai Salak Saiful Ahwan, S. Kep mengatakan kegiatan MMD ini merupakan tindak lanjut dari Survey Mawas Diri (SMD) yang telah dilakukan pada tanggal 3 April 2017, dengan pendataan dan wawancara kepada setiap rumah dari sample 350 KK di Kelurahan Sungai Salak.

“Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) ini kita gelar untuk mencari solusi yang kita hadapi terutama dibidang kesehatan”, ucapnya

Lebih lanjut Saipul Ahwan menerangkan Survey Mawas Diri (SMD) adalah survey yang dilakukan secara rutin untuk mengetahui permasalahan kesehatan di masyarakat. Informasi yang di dapatkan melalui survey ini sangat berguna bagi identifikasi masalah dan masukan untuk pemecahan masalah kesehatan di masyarakat.

“Ini rutin dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Sungai Salak, yang mana data ini kita gunakan untuk identifikasi masalah yang sering dihadapi”, tutupnya

Idenifikasi masalah dari hasil Surver Mawas Diri (SMD) dan masukan dari pesera rapat diantaranya :

1) Sosialisasi pembuatan BPJS
2) Pembuatan Tempat Pembuatan Akhir Sampah (TPAS)
3) Menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
4) Pembuatan tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Setelah itu diadakan kesepakatan bersama dalam prioritas masalah diatas dan pemecahanya atau jalan keluar serta dilakukan penandatangan kesepakatan.

 

Editor : Saipur Rahman

Sumber : Promkes Upt Puskesmas Sungai Salak Asmuliyanti, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *