UPT. Puskesmas Sungai Piring melakukan pelacakan dan pemeriksaan Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ) di Kecamatan Batang Tuaka, kamis, (27/06/2019).

ODGJ adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, prilaku dan perasaan yang termanisfestasi dalam bentuk sekumpulan gejala atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia.

Menurut UU no.18 tahun 2014 tentang kesehatan jiwa ditunjukkan untuk menjamin setiap orang agar dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Untuk menyikapi masalah kesehatan jiwa di Indonesia pemerintah dan masyarakat telah melakukan upaya-upaya antara lain :

  1. Menerapkan sistem pelayanan kesehatan jiwa
  2. Menyediakan sarana dan prasarana dan sumber daya yang diperlukan untuk persyaratan kesehatan jiwa.

3 .Menggerakkan masyarakat untuk melakukan upaya preventif, promotive serta deteksi dini gangguan jiwa.

Kegiatan Pelacakan, Pembinaan dan pemeriksaan ODGJ dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Sungai Piring ke rumah-rumah warga yang diketahui ada penderita ODGJ.

Menurut Ibu HJ Nuraf’ni,S.Tr.Keb mengatakan melalui penanggung jawab program kesehatan jiwa ” kita rajin melakukan pelacakan dan pemeriksaan pada pasien ODGJ dengan jumlah sekitar 40 jiwa Sekecamatan Batang Tuaka’’.

Semoga dengan adanya kegiatan pemeriksaan ODGJ di Kecamatan Batang Tuaka mengalami penurunan atau tidak menutup kemungkinan tidak ada lagi orang yang terkena gangguan jiwa.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini