Kondisi dari komponen lingkungan sekolah tertentu dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Seperti kondisi atap,dinding,lantai,dan aspek lainnya,sehubungan dengan hal tersebut UPT. Puskesmas Sungai Piring melakukan kampanye hygiene sanitasi sekolah di SDN Parit 10 Desa Simpang jaya, rabu, (26/06/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kesehatan serta Siswa dan Siswi. Dalam kegiatan ini dimulai dengan memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi tentang bagaimana lingkungan sekolah yang bersih serta manfaatnya, juga mengajarkan cara cuci tangan pakai sabun ( CTPS) dan juga cara menggosok gigi yang benar.

Selain kegiatan tersebut, tenaga kesehatan juga melakukan inpeksi sanitasi sekolah yang meliputi air bersih,toilet, pembuangan air limbah, sarana pembuangan sampah dll. Fasilitas sanitasi yang tidak memadai merupakan faktor resiko terjadinya gangguan kesehatan dan berbagai penyakit berbasis lingkungan.

Menurut Kepala UPT. Puskesmas Sungai Piring Ibu HJ Nuraf’ni,S.Tr.Keb mengatakan ” kegiatan seperti ini rutin kami lakukan ke Sekolah-sekolah walaupun terkadang jarak sekolah yang cukup jauh tidak menjadi kendala bagi kami untuk melakukan kegiatan tersebut’’.

Semoga dengan adanya kegiatan hygiene dan sanitasi kesehatan di sekolah semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini