30 Maret 2019. Desa Simpang Jaya yang terletak tidak jauh dari desa Sungai Luar , kecamatan Batang Tuaka terpilih untuk mengikuti lomba desa ber PHBS dan desa TOGA (tanaman obat keluarga) di tingkat kabupaten.

UPT. Puskesmas Sungai Piring , yang juga di hadiri oleh kasi KESLING Dinas Kesehatan kabupaten Indragiri Hilir, camat Batang Tuaka, koramil, kepala desa melakukan peninjauan dan Pembenahan ke lokasi desa Simpang Jaya.

Untuk mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih sehat lagi dalam kegiatan ini UPT. Puskesmas Sungai Piring bersama lintas sektor turut serta mengajak masyarakat di desa tersebut membuat jamban dengan sistem arisan jamban, Terciptanya Arisan ini disebabkan karena masih ada sekitar 60 KK yang belum mempunyai jamban. dan juga masih adanya masyarakat yang memanfaatkan aliran sungai Batang Tuaka untuk di jadikan tempat mencuci, mandi dan buang Air  bahkan sungai masih dijadikan tempat membuang sampah. Perilaku ini disebabkan oleh kebiasaan yang turun-temurun di lakukan karna ketidak mampuan masyarakat serta ekonomi juga menjadi penyebab utama dan kurangnya pendidikan serta pengetahuan mereka tentang kesehatan.

Arisan ini dibuat dengan sistem iuran bertarif setiap minggu, dengan iuran 20.000.00 (Dua Puluh Ribu Rupiah) untuk satu (1) rumah dan arisan ini di undi setiap minggunya.

Kepala UPT. Puskesmas Sungai Piring Hj. Nur’afni, S.Tr. Keb mengatakan “sistem arisan jamban ini kita buat gunanya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan belum mempunyai jamban sehat. ujarnya

 

Sumber : Tuti Auliyah, SKM ( Promkes Puskesmas Sungai Piring )

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini