UPT Puskesmas Sungai Piring melakukan pemberian tablet tambah darah (TTD) minggu kedua di 2 (dua) sekolah SLTP dan SLTA untuk Kelurahan Sungai Piring, kamis (05/04/2018).

Pemberian TTD ini bertujuan untuk meminimalisasi perempuan muda yang sering mengalami Anemia, karena usia remaja ini kebanyakan sudah mengalami menstruasi dan padatnya kativitas sekolah maupun ekstrakurikuler sehingga pola makan yang tidak teratur dan gizi yang tidak seimbang  itu merupakan salah satu penyebab anemia gizi pada remaja.

Untuk itu puskesmas turut andil dalam program ini memberikan tablet tambah darah (TTD) dan pemeriksaan hemoglobin darah(HB) pada remaja putri  selama 8 bulan kedepan. Sebelum pemeriksaan di lakukan, petugas promosi kesehatan memberikan penyuluhan tentang “Anemia Gizi Pada Remaja”.

Kepala UPT Puskesmas Sungai Piring melalui Penanggung Jawab Program Gizi Fitriani, Amd.Keb, SKM mengatakan saat ini sudah  pemberian TTD minggu kedua di 2 sekolah SLTP dan SLTA untuk Kelurahan Sungai Piring, selain minum obat TTD secara serempak juga di lakukan pemeriksaan HB pada remaja putri.

“Adapun dampak yang terjadi apabila seseorang mengalami anemia yaitu menurunnya kesehatan reproduksi, terhambatnya perkembangan motorik, mental dan kecerdasan”, ucap Fitriani

“Menurunnya kemampuan dan kosentrasi belajar, produktivitas kerja menurun, mengganggu pertumbuhan tinggi badan tidak tercapai optimal, menurunkan tingkat kebugaran”, tambahnya

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi sekolah khusunya remaja putri”, tutupnya

 

Sumber : Tenaga Promkes UPT Puskesmas Sungai Piring Tuti Auliyah, SKM

Editor : Saipur Rahman

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini