Pengetahuan tentang kesehatan sangat bagus bila ditanamkan sejak dini, sehingga bisa membentuk sikap kepedulian terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya. Salah satu kegiatan pelatihan kesehatan untuk anak – anak usia Sekolah Dasar (SD) yaitu Pelatihan Dokter Kecil.

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungan. Tujuan umum pembinaan dokter kecil adalah meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS dan tujuan khususnya adalah Agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat disekolah, dirumah dan lingkungannya, selain itu Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

Sebagai bagian dari kegiatan program promosi kesehatan, khususnya Upaya Kesehatan Sekolah (UKS), UPT. Puskesmas Sungai Iliran bekerja sama dengan Sekolah Dasar 007 Teluk Sungka mengadakan Pelatihan Dokter Kecil untuk para siswanya. Siswa yang mengikuti palatihan adalah siswa kelas 4 dan 5, materi yang diajarkan berhubungan dengan kesehatan sekolah yaitu : Usaha Kesehatan Sekolah Dokter Kecil (UKS), Gizi, Kesehatan Gigi dan Mulut, Jajanan Sehat serta P3K.

Kepala Sekolah SDN 007 mengatakan ” Kegiatan Pelatihan Dokter Kecil yang telah dilaksanakan diharapkan siswa dan siswi mampu bersikap dan berprilaku sehat, mampu mengajak serta mendorong murid lainnya untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing dan berperan aktif dalam kempanye kesehatan yang diselenggarakan di sekolah ”.

Dengan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa tentang kesehatan sejak dini dan membina para siswa Sekolah Dasar (SD) agar memiliki kemampuan dan kepedulian dalam mempromosikan pola hidup sehat di lingkungan sekolah.

 

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini