UPT. Puskesmas Sungai Iliran menggelar Lokakarya Mini Triwulan 1 tahun 2019, yang dilaksanakan di Gedung Olahraga di Desa Sungai Iliran, kamis (28/02/2019). Yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala seksi (kasi) Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Lastri Ekatama, SKM, M.Kes, Sekretaris Camat GAS Rudi Fahmi, KUA Kecamatan Gas Drs. H. Syarkawi, M.Pd.I, Kepala Upt. Puskesmas Sungai Iliran Salmariantity, SKM, Bhabinkamtibnas Harimon, Kepala Desa Sungai Iliran Ahmad Sukri, Perwakilan Kepala Pustu Frisila Dona, Amd.Keb, Perwakilan Bidan Haswilawati, Amd. Keb, Perwakilan Kader Posyandu Yuniawati, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Tujuan dilaksanakannya lokakarya mini triwulan pertama adalah mengidentifikasi masalah yang ada, kemudian dimusyawarahkan bagaimana menuntaskan masalah yang ada, selanjutnya memprioritaskan masalah yang ada, terakhir mencari solusi bersama.

Adapun hasil dari kesepakatan yang ditandatangani pada Lokakarya Mini Triwulan Pertama Upt. Puskesmas Sungai Iliran adalah :

  1. Lintas Sektor siap membantu program kesehatan dalam pengembangan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat ( UKBM )
  • Desa Sungai Iliran : pengembangan Poskestren
  • Desa Teluk Sungka : peningkatan peran UKK untuk pekerja sagu
  • Desa Harapan Makmur : persiapan Desa Siaga
  • Desa Idaman : meningkatkan Posyandu Terpadu
  • Desa Teluk Tuasan : mempersiapkan Rumah Tunggu Kelahiran ( RTK)
  1. Setiap Desa akan memfasilitasi kegiatan pengetahuan kesehatan bagi Kader Posyandu dan Kader Desa Siaga minimal 6 bulan sekali dari dana Desa.
  2. Setiap Desa akan mengupayakan melengkapi jumlah Kader Posyandu dari dana Desa.
  3. Setiap Posyandu di Desa diupayakan pendonor / orang tua asuh untuk dana Pemberian  Makanan Tambahan (PMT) disetiap bulan.
  4. Setiap Desa akan mengupayakan sumber air bersih.
  5. Kerjasama dengan lintas sektor untuk mengupayakan CSR untuk peningkatan perbaikan gizi bayi dan balita.
  6. Adanya perhatian dari Pemerintahan Desa terhadap kegiatan hari pelaksanaan posyandu.

Selesai penandatanganan kesepakatan hasil Lokakarya Mini Triwulan Pertama, Kepala Upt. Puskesmas Sungai Iliran Salmariantity, SKM mengatakan semoga lintas sektor memberi dukungan yang maksimal terhadap kegiatan yang dilakukan Puskesmas Sungai Iliran dalam kemajuan masyarakat terhadap kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini