UPT PUSKESMAS SUNGAI GUNTUNG GELAR LOKMIN LINTAS SEKTORAL


IMG-20170504-WA0008UPT Puskesmas Sungai Guntung menggelar Lokakarya Mini lintas sektoral di Aula UPT Puskesmas,  Rabu (03/05/2017) . Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Kateman yang diwakili oleh Sekcam Kateman.

Dalam laporannya, Zainuddin, SKM Kepala Puskesmas menjelaskan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, kegiatan ini merupakan salah satu wadah, agar seluruh sektor yang ada di Kecamatan Kateman ini bisa berperan aktif dalam penyelenggaraan kesehatan.

Untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan, ia mengharapkan, agar para peserta bisa memberikan masukan dan keluhannya. Dengan demikian pihaknya bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, harapnya, sembari memaparkan fasilitas Puskesmas, capaian program, kendala dilapangan serta program dihari mendatang.

Selain itu, Kepala Puskesmas menegaskan, untuk menekan angka kematian ibu dan anak, masyarakat harus melakukan persalinan di fasilitas kesehatan baik di puskesmas maupun pustu dan poskesdes yang tentunya ditangani oleh tenga kesehatan. Pasalnya, dari beberapa kasus kematian ibu dan anak yang terjadi disebabkan oleh persalinan yang tidak ditangani oleh nakes atau dukun.

“Ibu hamil hendaknya rutin memeriksakan kesehatannya di Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan yang terdekat, ada puskesmas pembantu/Poskesdes/POD/klinik Perusahaan. Jangan mengandalkan Dukun Desa karena sering menyebabkan kematian Ibu dan Bayi.” Katanya sambil menunjukkan slide presentasi di depan para peserta.

Sementara itu H Drs. Junaidi  Sekretaris Camat (Sekcam) Kateman dalam sambutannya mengatakan , manyambut baik materi yang tekag dipaparkan Kepala UPT Puskesmas Sungai Guntung . Bahkan kedepan siap memfasilitasi segala sarana dan prasarana pendukung dalam penyelenggaraan kesehatan di wilayah tersebut.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WIB ini dhadiri oleh Muspika Kecamatan Kateman serta diikuti sektitar 60 peserta dari 8 desa dan 3 kelurahan, dengan rincian terdiri, Kepala Desa, TP PKK, Bidan / Nakes Desa, Kader Kesehatan serta Tokoh Masyarakat.

(Bagus Dwi Prayitno, SKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *