Sebagai langkah awal dalam melakukan pencegahan penyakit menular di masyarakat, Puskesmas Sungai Guntung mensosialisasikan tata cara penanganan jenazah (memandikan jenazah) yang beresiko dan mempunyai penyakit menular, seperti HIV/AIDS, TBC, Hepatitis, Sars, dan penyakit lainnya.

Kegiatan yang di gelar di aula UPT Puskesmas Sungai Guntung ini di hadiri oleh Kepala Puskesmas Sungai Guntung, Lurah Bandar Sri Gemilang, Ketua MUI Kecamatan Kateman, KUA Kecamtan Kateman, Kepala KKP Kecamatan Kateman, Babinsa, Kapolsek, serta undangan petugas yang melaksanakan memandikan jenazah sekitar 30 orang.

Pada Sosialisasi penanganan jenazah beresiko dan penyakit menular tersebut diberikan pemaparan dan penjelasan  dalam hal tata cara memandikan jenazah yang beresiko terjangkit penyakit menular.

Kepala UPT Puskesmas Sungai Guntung Zainuddin, SKM, MM mengatakan dengan sosialisasi ini dapat diberikan pemaparan dan pemahaman bagi petugas yang memandikan jenazah, bagaimana cara mengantisipasi dalam menghadapi orang atau jenazah yang terjangkit penyakit menular, dan masih banyak petugas memandikan jenazah yang belum tau cara menghadapi orang atau jenazah yang terjangkit penyakit menular khusunya HIV/AIDS.

“Sosialisasi ini menjadi langkah positif untuk kegiatan pencegahan penyakit menular, nanti juga akan diberikan materi tentang penyakit menular lainnya agar mereka bisa menyebarkan informasi ini kepada masyarakat lainnya. Agar masyarkat tahu dan mengerti bagaimana cara menghadapi penyakit tersebut, sekaligus meminimalisir penyebaran virus penyakit mematikan tersebut” Tutupnya.

SUMBER : M. RUDINI (PROMKES PKM SUNGAI GUNTUNG)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini