Skip to main content

UPT PUSKESMAS SELENSEN TINGKATKAN UPAYA PENANGGULANGAN HIV AIDS DAN TB PARU 

IMG-20170329-WA0020UPT. Puskesmas selensen melakukan pembinaan kepada kader tentang penanggulangan hiv aids dan TB, 23/03/17. membina kader agar memiliki kecakapan dan mampu menyampaikan ke ibu hamil agar mau memeriksakan kehamilannya secara dini karena penyakit ini bisa merusak serta membahayakan pertumbuhan janin

Pertemuan ini berlangsung di Aula kantor lurah selensen yang di hadiri oleh kepala UPT puskesmas selensen H. Didik Suhardiman, Yayasan Aisyiyah dan Kader Posyandu, S.kep juga tampak Bapak Erianto Siraet selaku konselor HIV Dinas Kesehatan kabupaten indragiri hilir, Staf KPAK indragiri hilir dan Staf Puskesmas Selensen.

“Diharapkan peran serta Kader untuk menyuruh dan meyakinkan keluarga ibu hamil yang mengalami gejala batuk-batuk untuk memeriksakan dahaknya sesegera mungkin ke Puskesmas serta melakukan pendataan ibu hamil yang di posyandu untuk memeriksakan HIV AIDS sedini mungkin, karena semakin dini diperiksa semakin dini anak dan keluarganya tidak tertular” Ucap bapak Herianto Sirait.

IMG-20170329-WA0018Pada saat ini memang belum ada terdeteksi pasien HIV AIDS. Tetapi para kader tetap harus memotivasi ibu hamil untuk memeriksakan HIV AIDS ke Puskesmas untuk deteksi dini, sedangkan untuk kasus TB pada Puskesmas Selensen tahun 2016 berjumlah 32 orang. Para kader mengatakan bahwa kebanyakan ibu hamil telat memeriksakan dahaknya ke Puskesmas , kebanyakan mereka selalu menganggap remeh batuk-batuk yang disertai gejala TB lainnya. Oleh karena itu kader dibina lebih baik lagi untuk bisa meyakinkan para ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya pada khususnya pada pemeriksaan HIV AIDS dan TB sedini mungkin ke Puskesmas serta rutin melakukan pemeriksaan ANC (antenatalcare) 4x selama kehamilan jika tidak ada keluhan lain.

Promkes: Afni Suryani,SKM

One thought to “UPT PUSKESMAS SELENSEN TINGKATKAN UPAYA PENANGGULANGAN HIV AIDS DAN TB PARU ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *