Skip to main content

UPT. PUSKESMAS SELENSEN MELAKSANAKAN SOSIALISASI GERMAS DAN GEMA CERMAT DI DESA KERITANG HULU

UPT. Puskesmas Selensen melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat ( GEMA CERMAT) dalam acara yasinan ibu-ibu di Desa Keritang Hulu, jumat, (10/05/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Tenaga Promkes, Tenaga Farmasi dan ibu-ibu yasinan.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah agar masyarakat berprilaku hidup sehat dan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar dan tepat. Dalam sosialisasi ini sasarannya adalah ibu-ibu karena di harapkan ibu-ibu bisa menjadi kader kesehatan di rumahnya sendiri untuk menyampaikan kepada suami dan anak-anaknya.

Tenaga Promkes Okky Perdana Putra, SKM menjelaskan kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka GERMAS adalah :

  1. Peningkatan aktivitas fisik.
  2. Peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat.
  3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi.
  4. Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit.
  5. Peningkatan kualitas lingkungan.
  6. Peningkatan edukasi hidup sehat.

Kemudian dalam sosialisasi ini Sariyatna, S.Farm sebagai Tenaga Farmasi menyampaikan tentang semua golongan obat, bahaya penyalahgunaan obat dan penggunaan resep obat dengan benar. Keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat dan gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat ini sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat.

Semoga dengan adanya sosialisasi ini kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *