Hubungan keadaaan alam geografis dan lingkungan dengan kejadian gangguan akibat kurang yodium (GAKY) masih menjadi masalah gizi di Indonesia. GAKY adalah rangkaian efek akibat kekurangan yodium pada tumbuh kembang manusia, GAKY merupakan salah satu masalah gizi yang sangat serius, karena dapat mengakibatkan penyakit yang mengganggu kesehatan.

Dengan masih ada permasalahan karena kekurangan asupan yodium, Upt Puskesmas Pelangiran melakukan penyuluhan garam yodium di pengajian majelis taklim Kelurahan Pelangiran (26/01/ 2018).

Kepala Upt Puskesmas Pelangiran yang dalam hal ini diwakili oleh dr. Panggih Sekar Palupi, selaku penyuluh serta dokter umum di UPT Puskesmas pelangiran menyampaikan untuk menggunakan garam beryodium agar terhindar dari penyakit gondok, keguguran dalam kandungan, tumbuh kembang anak tidak maksimal, dan dengan menggunakan garam yodium dapat meningkatkan kecerdasan anak kita.

“Apabila masih ragu dalam membeli garam, apakah mengandung yodium apa tidak, kita dapat mengetesnya dengan cairan yodium test yang dapat dibeli di apotek”, ucapnya

Sementara itu Camat Pelangiran, yang dalam hal ini diwakili oleh Fitriani, S.Pd mengatakan banyak masyarakat yang masih belum tahu akan pentingnya garam beryodium.

“Masyarakat masih banyak yang belum tahu akan garam beryodium”, ucapnya

Lebih lanjut Fitriani, S.Pd mengharapkan ini bisa menjadikan pengetahuan untuk mengetahui apa itu garam yodium dan gunanya untuk kesehatan.

“Mari kita seksama mendengarkan apa yang akan disampaikan pihak kesehatan dalam penyuluhan garam yodium ini”, terangnya

“Agar kita semua dapat mengetahui apa kegunaan dari penggunaan garam yodium dan dapat terhindar dari segala hal yang ditakuti bila tak menggunakan garam beryodium”, tutupnya

 

Editor : Saipur Rahman

Sumber : Tenaga Promkes UPT. Puskesmas Pelangiran Wahyu Ramadhan, SKM

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini