Penyakit Kaki Gajah (Filariasis atau Elephan12tiasis) adalah golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit tersebut. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit Kaki Gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun demikian bagi penderita mungkin menjadi sesuatu yang dirasakan memalukan bahkan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Demi menekan angka penyakit kaki gajah di Kabupaten Indragiri Hilir Dinas Kesehatan melalui Upt. Puskesmas pelangiran mengadakan Rapat Kordinasi (rakor) Bulan Eliminasi Kaki Gajah (belkaga) & Pelatihan Kader Filariasis. Kegiatan yang dihadiri oleh Camat Pelangiran Sutarno Wandoyo S. Sos, MH , Babinsa, Kepolisian, Kepala Desa, Kepala Sekolah, Tenaga Kesehatan Pustu, Klinik Swasta, Kader Kesehatan, PKK serta TIM RTI Pku dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Inhil. Rakor yang dibuka langsung oleh Camat Pelangiran ini, mendatangkan pemateri dari Pekanbaru yang ahli akan penyakit kaki gajah Dr. Dedi Andika. Sutarno Wandoyo S. Sos, MH menekankan agar semua Kades bersinergi untuk mensukseskan belkaga.  Penanganannya akan kita laksanakan tanggal 1 Oktober 2016, untuk di desa menyesuaikan.

“Kami mengharapkan kepala sekolah juga punya peran besar untuk mensukseskan belkaga. Dalam memberikan pengertian, penyampaian informasi yang benar, tepat, lengkap sesuai buku panduan.” terang sutarno wandoyoimg-20160927-wa0015

Sementara itu menurut Kepala Upt. Puskesmas Pelangiran Imam Santoso, SST.FT, MM. mengatakan tujuan dengan diadakannya rakor dan pelatihan kader filariasis agar bisa meningkatkan capaian target, memastikan semua target sasaran minum obat kaki gajah dan eleminasi penyakit kaki gajah.

“Kita berharap dengan diadakannya rakor ini agar semua stekholder yang diundang ikut berperanserta dalam mensukseskan Belkaga, jika memungkinkan ikut memastikan masyarakat sasaran minum obat kaki gajah, untuk para kader diharapkan dalam menjaring / mendata sasaran jangan ada yang terlupakan dan dalam memberikan informasi yang benar, tepat, dan lengkap sehingga sasaran mau minum obat di depan petugas.” ujar imam santoso

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini