Skip to main content

UPT PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA LAKUKAN SMD DOOR TO DOOR BERSAMA KADER KESEHATAN

IMG-20170315-WA0019Tembilahan, 24/02/ dalam rangka  mengidentifikasi masalah kesehatan maupun pootensi yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota, Puskesmas bersama kader kesehatan yang didukung oleh Lintas Sektor Camat Tembilahan, Lurah, dan Kepala Desa melaksanakan Survei Mawas Diri (SMD) yang dilakukan dengan cepat Door to door dan masing-masing petugas dan kader kesehatan dibagi per-wilayah Posyandu mereka.

SMD saat ini yang telah dilaksanakan dan kemudian akan dilakukan Musyawarah Masayarakat Desa (MMD). Survei sendiri terdiri dari program esensial yaitu PHBS Rumah Tangga, Kesehatan Lingkungan, KIA/KB, Kesehatan Lansia, Pencegahan dan pengamatan Penyakit serta Surveilans.

Menurut pemegang program Promkes Hj. Nurlian, S.ST mengungkapkan “Hasil Survei ini nantinya akan menjadi masukan Forum Desa/ Kelurahan dalam pengambilan keputusan penetapan Program Pemberdayaan Masyarakat. Hasil Survei tersebut sebagai bahan untuk musyawarah masyarakat desa (MMD) sehingga dengan begitu langkah selanjutnya tinggal penentuan skala prioritas penanganan masalah yang dihimpun dari Survei tersebut”, ungkap Hj, Nurlian kepada MCT Dinkes Tidak lama ini.

IMG-20170315-WA0017Hj. Nurlian menambahkan bahwasanya Survei Mawas Diri ini penting dilaksanakan agar masyarakat sadar dengan adanya masalah kesehatan, menganalisa, mengkaji dan mengintervensi masalah yang ada di lingkungan sendiri kemudian nantinya hasil SMD tersebut menjadi dasar untuk pemecahan masalah.

Promkes: Monica

0 thoughts to “UPT PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA LAKUKAN SMD DOOR TO DOOR BERSAMA KADER KESEHATAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *