Setiap jenis dan tempat pekerjaan baik pada pekerjaan formal maupun informal memiliki resiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pada umumnya para pekerja sektor informal yang kurang memiliki kesadaran dan pengetahuan tentang bahaya dilingkungan kerja.

Rabu, 2 Januari 2019 UPT. Puskesmas Kempas Jaya melaksanakan kegiatan pembentukan POS UKK, kegiatan ini terlaksana dan dihadiri oleh Lintas Sektor yaitu Lurah, Bhabinsa, Bhabinkabtimas, pekerja/buruh sawit. Kegiatan ini sangat di terima sekali oleh pekerja sawit. Kegiatan ini dibentuk jika ada minimal 10 orang pekerja dan maksimal 50 orang pekerja. kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang Alat Pelindung Diri (APD) dan pentingnya keselamatan dalam bekerja.

Pemegang program Kesga (Setiyo Budi Harno) memberikan penyuluhan tentang Pos UKK dan Promkes (Octaverina,SKM) memberikan arahan tentang K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) serta himbauan untuk menggunakan APD saat bekerja. Selain itu Tim Medis UPT Puskesmas Kempas Jaya juga melakukan cek kesehatan pekerja seperti Cek Tensi, Berat Badan, Tinggi Badan, dan konsultasi masalah kesehatan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakam dirumah pengusaha sawit (Jajat) yang beralamat di BLOK C Kempas Jaya dan turut hadir 30 orang pekerja sawit. Pengusaha dan pekerja sawit ini telah membuat satu komitmen demi Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Selanjutnya kata sambutan dari Lurah Kempas, sangat mendukung sekali kegiatan ini dan setuju memakai APD untuk semua pekerja sawit yang ada di kecamatan kempas jaya. Bhabinsa dan bhabinkamtibmas juga memberikan arahan tentang rambu-rambu saat membongkar dan memuat sawit. Semoga dengan adanya kegiatan ini, para pekerja lebih memahami pentingnya POS UKK dan penggunaan APD ini untuk mengurangi resiko terjadinya Kecelakaan dalam bekerja.

Promkes Kempas Jaya: Octaverina, SKM

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini