Skip to main content

UPT PUSKESMAS CONCONG LUAR LAKUKAN SOSIALISASI, SKRINING TT Long Life SEKALIGUS IMUNISASI KEPADA PETUGAS PUSKESMAS

1Concong Luar, Keselamatan ibu dan bayi pada proses persalinan sampai dengan pasca persalinan sangat perlu mendapat perhatian. Salah satu masalah yang di hadapi pada tahap tersebut adalah penyakit tetanus pada bayi. Tetanus khususnya beresiko terjadi pada bayi baru lahir dan dapat menyebabkan bayi yang di lahirkan meninggal. Dalam hal ini pencegahan yang dapat di lakukan yaitu dengan memberikan imunisasi TT  (Tetanus Toksoid). Konsep Imunisasi TT adalah Long life yaitu pemberian imunisasi TT1 sampai dengan TT5.

Untuk menekan angka kematian bayi akibat tetanus, Puskesmas Concong Luar,16/03/17 melakukan sosialisasi, skrining TT Long Life sekaligus imunisasi kepada petugas puskesmas yang belum lengkap riwayat imunisasi TT nya. Kegiatan ini di setujui dan didukung penuh oleh Rudiyanto, S.Kep selaku Kepala Puskesmas Concong Luar yang dilaksanakan oleh bidan  Rugayah dan dr. Kamsiah.

2Sosialisasi dan skrining ini perlu dilakukan untuk mengetahui sampai saat ini status imunisasinya sampai tahap apa dan dimaksudkan agar masyarakat pun dapat mengakses dan melakukan skrining tersebut. Dengan mengetahui status imunisasi TT tersebut diharapkan dapat membantu program imunisasi dalam penurunan kasus penyakit tetanus khususnya bagi bayi baru lahir

Narasumber: Indahoktari@Promkes concong

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *