ANTONI SIREGAR, M.Pd : PELAYANAN KESEHATAN DI CONCONG LUAR 24 JAM

DSCF7071Upt Puskesmas Concong Menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektor yang dipusatkan di Aula Puskesmas (24/05/2017). Adapun peserta Lokakarya mini ini selain dari Tenaga Kesehatan, juga tampak hadir undangan lintas sektor terkait seperti, Camat Concong Luar, Kapolsek, Sekretaris lurah , Upt Dinas Pendidikan, serta Tokoh masyarakat.

Camat Concong Luar Antoni Siregar M.Pd mengatakan lokakarya mini merupakan program tahunan yang setiap tahun dilakukan untuk program kerja satu tahun kedepan. Untuk Puskesmas Concong luar memang agak terlambat mengadakan lokmin karena ada beberapa kendala.

“Semoga acara ini semua bisa memaklumi bukan salah puskesmas kerena terlambat dilaksanakan”, terangnya.

Lebih lanjut beliau juga memaparkan situasi terkini keadaan Kecamatan Concong Luar, terutama di segi kesehatan.

“Pelayanan Kesehatan diconcong sangat baik, kapan saja kami selalu siap 24 jam, karena sakit tidak kenal jam”, tambahnya.

“Setiap hari saya selalu membawa Tenaga Kesehatan (nakes) keliling desa untuk melihat masyarakat, agar bisa memberikan penyuluhan, yang penting masyarakat tau seperti apa hidup sehat itu”, terangnya

“Sebenarnya permasalahnya adalah sosialisasi yang kurang”, tutupnya

Sementara itu Kepala Upt Puskesmas Concong Luar Rudiyanto, S.Kep menjelaskan dari bangunan puskesmas, letak bangunan, tenaga kesehatan, program promosi kesehatan, serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama ini. Salah satu bentuk masalah yang sering dihadapi seperti kebersihan Puskesmas. Keadaan geografis di sungai ini adalah pasang dan surut, terkadang saat surut kita bersihkan semua sampah-sampah hingga tidak ada yang tersisa, namun jika air pasang maka sampah ikut berdatangan, kemudian sangkut sehingga mengakibatkan puskesmas menjadi kotor lagi.

“Sampah memang masalah yang selalu ada disini, terangnya

Lebih lanjut beliau mengatakan gaya hidup sehat belum sepenuhnya diterapkan di Concong Luar.

“Masih rendahnya WC sehat diwilayah Concong”, ucapnya

“Kita akan meningkatkan kerjasama lintas sektor, yang sudah ada semoga lebih baik lagi, tutupnya

Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Rahmi Indrasuri, SKM. M.KL mengatakan lokmin ini untuk berdiskusi masalah apa saja yang dihadapi puskesmas-puskesmas selama ini dan kita bersama-sama memecahkannya.

“Kami yakin tidak bisa memecahkan masalah sendiri, makanya kita berharap kerjasama semua baik itu pemerintah, maupun masyarakat itu sendiri”, ucapnya.

Menanggapi permintaan pengadaan alat untuk meningkatkan kinerja dipuskesmas, Rahmi mengharapkan benar-benar digunakan semaksimal mungkin dan tepat guna.

“Saya ingatkan manfaat dan penggunaan alat akan kita kaji kegunaannya, jika itu benar-benar dibutuhkan maka akan kita adakan dan gunakanlah semaksimal mungkin”,terangnya.

“Kalau kira-kira tidak berdampak pada masyarakat maka jangan dilaksanakan”, tambahnya

“Kami berharap dukungan penuh semuanya agar masalah kesehatan ini teratasi, semoga masyarakat gemar hidup sehat bisa diterapkan di Concong”, tutupnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *