Skip to main content

UPT. PUSKESMAS BENTENG DIRIKAN POSKO KESEHATAN UNTUK CEGAH DAMPAK KABUT ASAP AKIBAT KARHUTLA

Rabu,18 september 2019. Menyikapi kabut asap yang terus- menerus menyelimuti kabupaten Indragiri Hilir dan sekitarnya salah satunya termasuk desa benteng utara.

Dalam Hal ini UPT. puskesmas Benteng mendirikan posko kesehatan dampak karhutla di pustu Benteng Utara kecamatan Sungai Batang.

Tim puskesmas di dampingi anggota kepolisian daerah Benteng turun langsung kelapangan untuk membagikan masker kepada pengendara yang melintasi jalan desa benteng utara.

Tujuan Utama pembagian masker ini dilakukan mengingat kabut asap belakangan ini semakin pekat maka salah satu dampaknya dapat menimbulkan penyakit ISPA, selain itu efek buruk kabut asap bisa berbeda-beda pada tiap individu,bayi,anak-anak, bumil dan manula.

Maka dari itu Sedapat mungkin Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan, Jika terpaksa pergi ke luar rumah/gedung maka sebaiknya menggunakan masker, Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering, Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain, Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yang cukup, Upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah / sekolah / kantor dan ruang tertutup lainnya, Penampungan air minum dan makanan harus terlindung dengan baik.

 

SUmber : Revnida Susanti, SKM (Promkes Puskesmas Benteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *