Tingkatkan Derajat Kesehatan Peserta Didik, UPT. Puskesmas Sapat Menggelar Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah

Sabtu (7/9/2019). Tim Kesehatan UPT. Puskesmas Sapat melakukan kegiatan Penjaringan di SMAN Bina Bhakti Sapat Kecamatan Kuindra. kegiatan ini dilaksankan pada hari sabtu agar tidak mengganggu Aktifitas pembelajaran siswa pada hari senin hingga jum’at.

 “Penjaringan kesehatan diprioritaskan bagi siswa baru dan petugas dari Puskesmas meliputi pelaksana program gizi, promosi kesehatan, Perawat, Dokter serta program lain, agar penjaringan bisa berjalan dengan baik,” terang Ahmad Syarif.

Penjaringan di lakukan bertahap sejak awal Agustus hingga September. Targetnya adalah seluruh siswa baru, tambah ahmad syarif.

Kegiatan penjaringan kesehatan merupakan bagian dari pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan untuk upaya peningkatan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif. Upayanya antara lain yaitu kegiatan penjaringan kesehatan (screening) pada siswa baru. Selain oleh petugas kesehatan, kegiatan penjaringan untuk mengaktifkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Tekhnik penjaringan dilakukan melalui sejumlah cara seperti, pengisian kuisioner peserta didik yang berisi riwayat kesehatan, riwayat imunisasi, kesehatan reproduksi. Kuisioner tersebut untuk siswa SMP/SMA.

Sementara itu untuk siswa SD, dilakukan pemeriksaan kesehatan status gizi, kebersihan diri, kesehatan gigi dan mulut dan kesehatan lainnya. “Seminggu sebelum pelaksanaan kegiatan Penjatingan disekolah tenaga Promkes telah menyurati pihak seolah dan mengumumkan kepada siswa agar mempersiapkan diri.

Pada kegiatan penjaringan, para siswa diajak untuk mempraktikan cara menjaga kesehatan. Diantaranya dengan mengajak membawa sikat gigi dari rumah kemudian diberikan pemahaman cara menggosok gigi yang benar. Selain itu siswa dikenalkan pula dengan pola hidup bersih dan sehat. Seperti melakukan cuci tangan, selain itu petugas pelaksana program gizi dan UKS juga melakukan pemeriksaan kondisi WC hingga kantin sekolah.

Endang Suratmi, SST Selaku Kepala UPT. Puskesmas Sapat melalui tenaga Promotor Kesehatan Ahmad Syarif, SKM menjelaskan, bahwa penanganan kesehatan sejak dini sangat penting. Deteksi dini di butuhkan untuk mengetahui sejak awal masalah kesehatan yang dihadapi para siswa. Hal itu untuk membantu memberikan penanganan sedini mungkin. Tutupnya.

 

Sumber : Ahmad Syarif, SKM (Promkes Puskesmas Sapat).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *