Skip to main content

TIM NUSANTARA SEHAT BERSAMA PKK LAKUKAN PEMBINAAN DESA SIAGA AKTIF

”Menjadi masyaIMG_0019rakat sehat adalah harapan dan cita-cita bersama. Ketika kita sehat dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Sebaliknya jika kita sakit maka segalanya akan tidak dapat berjalan dengan baik, bekerjapun tidak dapat dilakukan, anak-anak juga susah untuk belajar.”  Kata Nurul Khairani kepada penduduk Desa Sungai Teritip.

Tim Based Nusantara Sehat Puskesmas Sungai Guntung Kecamatan Kateman menggelar sosialisasi tentang desa siaga aktif kepada masyarakat yang ada di wiayah kerja, Sabtu (18/2/2017) pagi. Desa Sungai Teritip menjadi tempat sosialisasi perdana di Kecamatan tersebut dan akan diikuti di desa dan kelurahan selanjutnya.

Sebagai Penyelenggara yakni dari Tim Nusantara Sehat, menghadirkan TP PKK Kecamatan serta kader Posyandu bersama-sama melakukan pembinaan intensif. Sedangkan peserta yang hadir dalam sosialisasi Desa Siaga Aktif tersebut yakni para Aparat Desa, TP PKK Desa, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat umum.

Dalam kesempatan tersebut kami sampaikan bahwa, desa siaga aktif adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumbar daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah terutama tentang kesehatan masyarakat.

Seperti bidang Kesehatan, kasus gawatdarurat yang dapat diatasi secara mandiri. Evaluasi tahun lalu memiliki catatan bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kecamatan Kateman yang tinggi. Dengan melakukan kemandirian atau kesiagaan masyarakat diharapkan dapat mengurangi dan menurunkan resiko kasus tersebut di tahun kedepan nanti.

Desa Teritip menjadi sasaran program ini, karena sering ditemukan kasus bayi/balita bawah garis merah (BGM) atau kurang gizi, adanya kasus suspect Demam Berdarah (DBD) yang terjadi setiap tahun. Selain itu ada juga kasus TB, HIV, dan penyakit lain yang menjadi permasalahan kesehatan masyarakat.IMG_0081

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada UPT Puskesmas Sungai Guntung bersama Tim NS yang menaruh harapan besar kepada masyarakat guna meningkatkan kesehatan di desa ini. Sesuai dengan amanat Perda Desa Siaga Aktif ini kami mendukung penuh pelaksanaannya.” Sambut Bapak Qahar yang merupakan Kepala Desa Sungai Teritip.

 

Penulis : Bagus Dwi Prayitno (Nusantara Sehat PKM Sungai Guntung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *