TIDAK PERLU RAGU, DENGAN PERHATIAN KELUARGA BERSAMA PUSKESMAS SAPAT PASIEN ODGJ BISA DISEMBUHKAN

sensor2Tindak lanjut atas prioritas Kab. Inhil tahun 2017 yaitu 100% Indragiri Hilir bebas pasung.  Rusli (32) pasien ODGJ warga Dusun Majenai Desa Tanjung Melayu Kec. Kuindra setelah melalui proses pengobatan dan kesepakatan bersama tokoh masyarakat dan kepolisian 18 Oktober 2016 yang lalu setelah 4 tahun dipasung telah kembali ke keluarganya dan hingga saat ini Rusli secara rutin berobat ke Poskesdes setempat sendiri berjalan kaki tanpa pendampingan khusus lagi dari pihak keluarga.

Sewaktu sakit pak Rusli Dikarenakan kondisinya yang selalu mengamuk dan membuat kekhawatiran di lingkungan masyarakat menyebabkan Rusli dikondisikan ditempat terpisah dari rumah keluarga dengan kondisi kaki yang terbelenggu. Bersama masyarakat, Aparatur Desa dan Kepolisian UPT Puskesmas Sapat mendekati pihak keluarga dan membujuk kedua orang tuanya untuk diberikan penanganan medis kepada Rusli.

Ibu Siti Khamisah, Amd. Keb setiap hari melakukan pendekatan kepada keluarga Rusli dan memberikan pengertian untuk membujuk keluarga Rusli supaya diberikan kewenangan perawatan khusus kepada Rusli berbuah kesuksesan.

“Setelah anak saya harus di asingkan dari keluarga kami merasa sangat sedih, saya merasa anak saya seperti tidak manusia. Selama ini saya tidak tahu dan mengira biaya untuk mengobati anak saya sangat mahal sehingga saya ragu untuk membawanya kedalam penanganan dokter khusus, rintih orang tua Rusli saat ditemui pihak Puskesmas tidak lama ini.”

sensor1Puskesmas Sapat bersama Program Indragiri Hilir Bebas Pasung terus memberikan tindakan dan pemantauan kesehatan kepada Rusli secara gratis, Rusli sekarang sudah bisa bekerja dan diterima masyarakatnya membantu bekerja di ladang. Rusli yang dulu ditakuti kini sudah bisa bergaul normal layaknya masyarakat umum kebanyakan untuk DInas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mendukung penuh upaya Pemerintah dalam mewujudkan Indragiri Hilir Bebas Pasung 2017.

Narasumber: Sahlina@Promkes_Sapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *