Untuk kedua kalinya wilayah kerja Upt. Puskesmas Sungai Piring menjurai ( Juara 1 ) untuk penilaian Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan akupresur tingkat Provinsi. Kali ini Desa Sungai Dusun yaitu Dusun SILDA ( Sialang Dalam ) yang terpilih untuk mewakili ke tingkat Nasional setelah meraih peringkat pertama di tingkat Provinsi, sementara untuk tahun lalu Desa Sungai Raya mewakili ke tingkat Provinsi dan meraih juara II.

Mengingat kondisi alam Kabupaten Indragiri Hilir yang keadaan tanahnya sebagian besar terdiri dari tanah gambut maka daerah ini digolongkan sebagai daerah beriklim tropis basah dengan udara agak lembab serta tingkat curah hujan yang cukup tinggi tidak menyurutkan semangat masyarakat Dusun Silda (sialang dalam) untuk tetap giat menanam berbagai jenis macam tanaman dan masyarakatnya pun cukup kreatif dan inovatif terbukti dari pemanfaatan bahan yang tidak terpakai lagi seperti, sabut kelapa yang ditata sedemikian rupa, bambu, pelepah kelapa dan botol bekas minuman yang dikreasikan membentuk sebuah taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

Hal senada disampaikan oleh Kepala Upt. Puskesmas Sungai Piring Hj. Nuraf’ni, S.Tr.Keb mengatakan selama ini sudah kami lakukan pembinaan yang berkesinambungan, edukasi mengenai manfaat dari TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan khasiatnya untuk kesehatan.

“Adapun tujuan dari TOGA ini yaitu adalah upaya kita mendorong minat masyarakat agar mampu mengobati dirinya sendiri, maka kita harus menyebarluaskan juga sebanyak mungkin informasi tentang jenis-jenis tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan”, ungkapnya

* Untuk penilaian Tanaman Obat Keluarga tingkat Nasional akan dilakukan pada bulan Agustus

 

Sumber : Tenaga Promkes UPT Puskesmas Sungai Piring Tuty Auliyah SKM

Editor : Saipur Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here