TES KEBUGARAN ROCKPORT DIPUSKESMAS SAPAT

rockportKamis,  (10/05/2017) diPuskesmas Sapat telah dilaksanakan Tes Kebugaran Rockport.  Tes kebugaran ini bermanfaat untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang.

Melakukan tes kebugaran sangat baik untuk menilai sekaligus meningkatkan kinerja jantung,  paru-paru,  dan otot.  Tes kebugaran dapat juga diartikan sebagai tes daya tahan kardiorespirasi, tes kekuatan dan fleksibilitas otot.  Oleh karena, itu tes kebugaran ini dapat dijadikan faktor yang dapat menentukan derajat kesehatan seseorang. Tes jalan Rockport merupakan salah satu metode yang biasa dipakai untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktifitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik.

Orang yang dites diminta berjalan secepat mungkin (sesuai kesanggupan)  sejauh 1,6 km, lalu dihitung waktu tempuhnya (dalam hitungan menit) dan denyut nadinya dalam satu menit.  Tes ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak peralatan serta dengan biaya yang sangat terjangkau.

rockport 1Pelaksanaan Tes Rockport di UPT  Puskesmas Sapat dihadiri oleh Ibu Endang Suratmi,  SST selaku kepala Puskesmas,  Ibu Destia Wulandari Batubara selaku Dokter Puskesmas Sapat,  Ahmar, S.  Kep selaku pemegang Program UKK, Staf Puskesmas Sapat dan Masyarakat sekitar Puskesmas Sapat. Acara berjalan dengan lancar dan antusias,  dimulai dari pukul 08.00 sampai 10.00 WiB.

Lisda,  salah satu masyarakat yang mengikuti  acara dari awal hingga selesai mengatakan “saya semangat ikut tes ini,  saya mau tau dan menilai kekuatan fisik saya bagaimana,  semoga acara ini dapat berlanjut dan bertambahnya masyarakat yang ikut berpartisipasi.

 Narasumber Promkes : R.  Sahlina,  SKM . PKM Sapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *