Skip to main content

Tenaga Kesehatan di Beberapa Puskesmas Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinas Kesehatan Indragiri Hilir Menjamin Puskesmas Tidak Akan Tutup Total

Sejumlah tenaga kesehatan di beberapa puskesmas Kabupaten Indragiri Hilir terkonfirmasi positif virus Corona. Dinas Kesehatan Indragiri Hilir menjamin pelayanan puskesmas tersebut akan tetap berjalan meskipun ada sebagian pelayanan yang terpaksa ditutup.

Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Subowo Radianto menjelaskan petugas puskesmas memang sangat rawan terpapar covid-19“.

Ketika ada satu tenaga kesehatan di puskesmas yang terkonfirmasi positif covid-19, maka akan dilakukan swab PCR massal. Tenaga kesehatan yang hasil swab PCR-nya negatif bisa kembali memberikan pelayanan kepada para pasien. Puskesmas tidak akan tutup total sehingga masih bisa melayani masyarakat yang datang ke puskesmas.

“Tenaga kesehatan yang satu pernah ada yang positif, akan kita swab semuanya. Nah, nanti yang negatif bisa memberikan pelayanan sesuai dengan jumlah tenaga yang ada. Misalnya, kalau gawat darurat petugas UGD banyak yang positif covid, kita tutup yang UGD, pelayanan yang lainnya tetap buka. Jadi, harus punya strategi, jangan ditutup semua, tapi ada salah satu yang bisa memberikan pelayanan ke masyarakat”.

Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Subowo Radianto meminta warga agar disiplin dan mematuhi protokol kesehatan. Dalam 3 hari terakhir, sejumlah puskesmas diantaranya puskesmas Pulau Mandah di Kecamatan Mandah, Puskesmas Keritang Hulu di Kecamatan Kemuning, Puskesmas Gajah Mada di Kecamatan Tembilahan Kota, dan Puskesmas Benteng di Kecamatan Sungai Batang melaporkan tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif covid-19 dan menyebabkan pelayanan kesehatan di puskesmas tidak maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *