Skip to main content

TEKULAI BUGIS, DESA PERTAMA DI KECAMATAN TANAH MERAH YANG BEBAS ODF

Dalam rangka 100 hari kerja Bupati Dan Wakil Bupati Indragiri Hilir, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melalui Program Nasional STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) menggelar Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Tekulai Bugis Kecamatan Tanah Merah, Selasa, (18/02/2019).

Tampak hadir saat Dekralasi ODF yaitu Camat Tanah Merah Yuliargo, SP, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj. Devi Natalia, SKM. MH, Kasi Kesehatan lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Fitrianto, SKM.MARS , Kepala Upt. Puskesmas Tanah Merah Hj. Petty Rismawati, STR.Keb, Babinsa, Babinkabtimnas, seluruh Kepala Desa/ Kelurahan yang ada di Kecamatan Tanah Merah, Ketua PKK, Kader Kesehatan, dan Tokoh Masyarakat.

Camat Tanah Merah Yuliargo, SP dalam sambutannya mengatakan Kecamatan Tanah Merah mayoritas masyarakatn tinggal dipesisir Pantai, jadi memang kebiasaan Buang Air Besar ditepi Sungai.

“Dari dulu kebiasaan Buang air besar di Sungai memang sudah ada”, ungkap Yuliargo

Lebih lanjut beliau memaparkan di Kecamatan Tanah Merah untuk Desa yang sudah bebas ODF (Open Defecation Free), baru ada 1 Desa yaitu Desa Tekulai Bugis.

“Kami merasa berbangga karena hampir 3 tahun kami meritis agar Desa Tekulai Bugis bebas ODF”, terangnya

“Ini semua berkat kerjasama semua pihak, baik itu dari pemerintahan maupun masyarakat”, tambahnya

“Semoga Desa Tekulai Bugis menjadi contoh untuk Desa lainnya yang ada di Kecamatan Tanah Merah untuk bisa berperilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak buang air besar sembarangan”, tutupnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, H. Zainal Arifin, SKM., M.Kes yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj. Devi Natalia, SKM. MH mengungkapkan Dekralasi Stop Buang Air Besar Sembarangan sangat berperan dalam mewujudkan masyarakat terbebas dari penyakit menular yang menyerang saluran pencernaan seperti Diare, Thypus dan Penyakit Menular Berbasis lingkungan lainnya yang sangat merugikan bagi kelangsungan kehidupan kita bersama.

“Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan ini merupakan moment berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna pada kita semua akan pentingnya kesehatan”, ucap Kabid Kesmas Hj. Devi Natalia

“Saya mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat”, tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *