Skip to main content

TEKAN AKI DAN AKB, UPT PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA ADAKAN KELAS IBU HAMIL

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, UPT Puskesmas Tembilahan Kota melaksanakan kegiatan kelas ibu hamil setiap tahunnya di lima kelurahan sebanyak empat kali pertemuan.

Kelas Ibu Hamil UPT Puskesmas Tembilahan Kota diberi nama Kelas Bumil Berseri karena memiliki beberapa inovasi yang menunjang kesehatan ibu hamil dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor yaitu pemeriksaan Kesehatan Gigi Mulut, pemeriksaan Labor (HB, Golongan darah, VCT, Malaria,dll).

Diakhir kegiatan peserta juga akan mendapatkan CD / brosur senam hamil, cinderamata, sertifikat dari Puskesmas serta peserta membuat komitmen bersama yg ditandatangani oleh perewakilan peserta, kader, lurah, Ketua PKK, Biidan serta Kepala Puskemas.

Namun tidak hanya itu, menariknya tahun 2018 ini kembali dilakukan inovasi dengan mendatangkan Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan USG.

Hal itu dijelaskan oleh Kepala Puskesmas Tembilahan Kota drg. Hj Wahyu Winda,M.Si, menurutnya inovasi ini terbentuk atas kerjasama puskesmas dengan dokter spesialis yaitu dr.H. Gusferizer, SpOG yang bersedia meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan kelas ibu hamil tersebut untuk melakukan pemeriksaan USG(Ultra sono grafi).

“Inovasi ini sebagai bentuk kepedulian Puskesmas dalam merangkul ibu hamil untuk merubah perilaku dan meningkatkan pengetahuan mengenai kehamilan dan setelah kehamilan hingga perawatan bayi untuk menekan angka kematian ibu dan bayi serta memberikan kesempatan berkonsultasi dan usg gratis dengan dokter kandungan,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama PJ Program KIA Novita Yanti,SST juga menjelaskan  bahwa para ibu hamil juga diberi pengarahan mengenai teknik senam hamil. Senam hamil sangat bermanfaat untuk menjaga kelenturan tubuh terutama bagian-bagian yang akan berperan dalam proses persalinan. Selain senam hamil juga di praktekkan cara menyusui yang baik dan benar dengan menggunakan phantom.

 

Editor : Saipur Rahman

Sumber : Tenaga Promkes Upt Puskesmas Tembilahan Kota Monica Julya Hidayad, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *