Skip to main content

TEAM BASED NUSANTARA SEHAT LAKUKAN PENJARINGAN KESEHATAN BERSAMA LASKAR BINAAN DTPK

Dalam upaya memberik14089490_315538598779813_1079151036_nan pelayanan kepada masyarakat yang berada di wilayah terpencil. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melalui Puskesmas secara rutin melakukan Pelayanan Kesehatan di Sekolah. Seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Sungai Guntung bersama Team Based Nusantara Sehat saat menggelar Penjaringan dan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah Sekolah  di Kelurahan Tagaraja,  Kecamatan Kateman Selasa (16/8/2016).

Anggota Team Based Nusantara Sehat mengatakan secara intensif puskesmas selalu melaksanakan pelayanan ke wilayah kerja bersama lintas sektor. Lokasi Kecamatan Kateman merupakan satu satu di antara daerah DTPK dan DBK dalam program pengabdian yang dimonitor oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak bulan Desember tahun 2016.

“Lokasinya sekitar 83,9 Km dari kabupaten Indragiri Hilir dengan akses menggunakan Boat sekitar 4 jam. Sehingga kadang membuat masyarakat cukup sulit untuk akses ke kota,” ungkap salah seorang anggota Badan Pusat Statistik ( BPS ) saat ikut mendampingi penjaringan kesehatan di MA Al-Ikhlas, Selasa (16/8/2016).

Menurut anggota Nusantara Sehat Bagus Dwi Prayitno, SKM mengatakan dalam pelaksanaanya secara rutin digelar setiap sebulan sekali. Dalam kesempatan ini, tenaga pukesmas sungai guntung dibantu oleh kader laskar nusantara sehat yang merupakan program binaan team kami.

“Paling tidak kita laksanakan minimal sebulan sekali untuk bertatap muka dengan kader laskar baik dalam sekolah maupun luar gedung. Namun, jika pihak sekolah membutuhkan pertemuan lebih dari sekali, pertemuaan  juga kita laksanakan,” ucap Bagus Dwi Prayitno, SKM

Sementara itu, Camat Kateman Marlis Syarief menyambut baik dengan adanya kegiatan seperti ini, karena kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Ini bisa memberikan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan terutama bagi anak-anak, kesehatan hari ini adalah jaminan untuk kesehatan hari esok.

“Alhamdulillah siswa-siswi begitu antusias untuk mengikuti pelayanan yang kita berikan,” jelas Marlis Syarif .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *