Skip to main content

TABULIN SOLUSI TERBAIK JELANG KELAHIRAN SANG BUAH HATI

tabulinKehamilan dan persalinan merupakan proses yang normal, tetapi tidak menutup kemungkinan akan timbul berbagai masalah, Oleh karena itu di butuhkan pemantauan kesejahteraan janin, serta persiapan persalianan dan kelahiran yang matang orang-orang di sekitarnya seperti bidan dan terutama keluarga harus turut serta menjaga kesejahteraanya.

mengenai hal itu Puskesmas Kempas Jaya mengajak seluruh warganya yang sedang dalam masa kehamilan untuk turut serta dalam rangka perencanaan menjelang kelahiran sang buah hati. Kepala UPT. Puskesmas Kempas Jaya H. Didik Suhardiman, SKM bersama Bidan yang berada di Poskesdes Karya Tani yakni Bidan Sumarni, amd. keb, Ika Nurhidayah, amd. keb, Kasmawati, amd. keb mengajak dan sekaligus menjadi pengelola tabungan ibu bersalin (TABULIN) yang sedang menanti kelahiran sang bayi.

tabulin1Maksud dan tujuan di bentuk tabulin antara lain: agar persalinan bisa teratasi oleh tenaga kesehatan atau ibu hamil bersalin dengan tenaga kesehatan, kemudian di harapkan dengan adanya tabulin mampu menurunkan AKI dan AKB yang khususnya di wilayah Poskesdes Karya Tani Kecamatan Kempas Jaya, juga memotifasi ibu-ibu hamil agar bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk di tabung dalam persiapan persalinan. hal ini dimaksudkan untuk meringankan biaya persalinan ibu hamil teruatama pada masyarakat yang ekonomi rendah.

Di bawah ini, sejumlah langkah keuangan yang perlu dilakukan seorang ibu hamil yang sedang menyongsong kelahiran sang buah hatinya.

  1. Segera tentukan di mana rencana akan melahirkan, dan cek biayanya
    Hal ini penting agar Anda bisa mengetahui berapa perkiraan biaya persalinan yang mungkin akan Anda keluarkan. Pilihan tempat melahirkan biasanya ada dua: di RS/Klinik Umum atau RS/Klinik Bersalin.
  2. Cek apakah Biaya Persalinan Anda ditanggung oleh Badan penyelenggara jaminan Kesehatan, kantor/tempat kerja, atau suami Anda
    Bila memang, ya, apakah dibantu sepenuhnya? Ataukah hanya sebagian? Dengan begitu ibu hamil bisa memperkirakan berapa biaya yang mesti dipersiapkan untuk perawatan persalinan.
  3. Mulailah menabung untuk menyongsong kelahiran itu
    dalam masa setelah kelahiran sang ibu harus menyiapkan sendiri dana diluar persalinan yang tidak termasuk tanggungan Badan penyelenggara kesehatan.
  4. Mulai menabung untuk keperluan bayi
    Tidak hanya biaya persalinan yang perlu Anda siapkan. Penting juga agar Anda mempersiapkan dana untuk segala macam keperluan bayi selama beberapa bulan pertama seperti sabun, bedak, baby oil, sampo, pakaian dan lain-lainnya.
  5. Ambil asuransi jiwa
    Bila suami Anda adalah satu-satunya pencari nafkah dalam keluarga, sarankan ia untuk segera memiliki asuransi jiwa. Santunan asuransi jiwa bisa digunakan untuk membayar pengeluaran keluarga akibat meninggalnya si pencari nafkah. Dan yang         terpenting, santunan asuransi jiwa juga bisa mengganti pembayaran biaya persalinan dan segala macam pengeluaran untuk keperluan bayi Anda nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *