Skip to main content

Sukseskan Imunisasi PCV, Puskesmas Pengalihan Enok Adakan Penyuluhan Imunisasi PCV Bagi Ibu Balita dan Kader.

Saat ini pemerintah telah meresmikan Pencanangan pemberian imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) Untuk anak-anak di seluruh Indonesia. Vaksin PCV dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus, penyebab penyakit berbahaya seperti Pneumonia atau radang paru-paru.

Pneumonia adalah salah satu penyakit menular yang merupakan penyebab utama kematian pada anak-anak di dunia. Penyakit ini dapat diobati jika terdiagnosa sedini mungkin serta dapat dicegah dengan imunisasi. Ini terbukti di negara-negara dimana imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine atau PCV merupakan bagian dari program imunisasi rutin.

Untuk itu sebagai upaya mendukung Kemenkes mensukseskan imunisasi PCV, UPT Puskesmas Pengalihan Enok melakukan penyuluhan Imunisasi PVC kepada Ibu balita Serta kader di posyandu Cempaka Biru (Jumat, 15/9/22). Penanggungjawab Program Imunisasi Husnita,Amd Keb menjelaskan mengenai tujuan dan manfaat imunisasi PCV ini kepada Ibu balita dan turut dibantu oleh dokter Umum Pengalihan Enok dr.Lili Indriani.

Menurut Kepala Puskesmas Pengalihan Enok, Baihaqi,SKM,M.Kes melalui Penanggung Jawab Program Imunisasi Husnita,Amd.Keb bahwa Vaksin PCV mulai tahun ini diberikan secara nasional dan bertahap dimulai dari bayi usia 2 bulan dosis pertama, selanjutnya dilengkapi dengan dosis kedua pada usia 3 bulan, dan dosis ketiga lanjutan pada usia 12 bulan.

Harapan kita tentunya Seluruh anak-anak dan balita di wilayah kerja kita mendapatkan imunisasi baik rutin mau pun tambahan agar Mereka terus terlindungi dari penyakit berbahaya, sehingga nantinya mereka bisa hidup lebih sehat dan produktif di masa dewasa,tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *