Skip to main content

Sukseskan Cegah Penyakit Polio Dengan Pencanangan Crash Program Polio Penimbangan dan Pengukuran Panjang/Tinggi serentak Kabupaten Indragiri Hilir.

Crash Imunisasi Polio telah dimulai sejak Senin tanggal 6 sampai 13 Maret Tahun 2023, yang dilakukan oleh seluruh Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan beberapa Posyandu yang ada di wilayah kerja masing – masing Puskesmas di Kabupaten Inhil secara serentak.

Crash Imunisasi Polio serentak dilakukan dengan cara melalui Virtual Zoom yang berpusat pada UPT Puskesmas Tembilahan Hulu serta diikuti oleh seluruh Puskesmas yang ada di Kab. Inhil, dan juga kegiatan Pencanangan Crash Imunisasi Polio dibuka langsung secara resmi oleh Wakil Bupati Indragii Hilir H. Syamsuddin Uti dengan Penandatanganan Komitmen Bersama serta melepaskan balon udara sebagai tanda dimulainya Crash Program Polio Kab. Indragiri Hilir dan juga turut dihadiri oleh unsur Forkopimda.

Penyakit Polio menyebabkan kelumpuhan permanen, kecacatan seumur hidup atau kematian. Penyakit ini ditularkan lewat air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung Virus Polio.

Baru-baru ini telah terjadi 3 kasus Polio di Provinsi Aceh yang berdekatan dengan Provinsi Riau Khususnya Kabupaten Indragiri Hilir. Agar terhindar dai Penyakit Polio untuk itu perlu dilakukan pencegahan dengan melakukan Imunisasi.

Dengan adanya pelaksanaan Crash Program Polio ini, yang disampaikan oleh wanhar Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Inhil. Merupakan salah satu upaya kita dalam pencegahan Virus Polio tersebut dengan target sasaran usia 0 sampai 59 Bulan berjumlah 48.340 anak, dan usia 4 sampai 59 Bulan adalah 41.649 anak.

Crash Program Polio dilaksanakan dengan melakukan Imunisasi tambahan 1 Dosis tetes Polio untuk anak O sampai 59 Bulan dan 1 Dosis suntik untuk anak usia 4 sampai 59 Bulan bersamaan dengan penimbangan Balita serentak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *