SOSIALISASI SKRINING TT DAN MOU KUA, SEKRETARIAT PHALA VIRIYA SERTA UPTD PENDIDIKAN UPT PUSKESMAS CONCONG LUAR

wdConcong Luar – 21/05/17 UPT Puskesmas Concong Luar melakukan sosialisasi TT yang di hadiri oleh Bapak Camat Kecamatan Concong bersama jajaran Lintas Sektoral se-Kecamatan Concong. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk perluasan informasi TT itu sendiri, yaitu terciptanya target program pelayanan Kesehatan Imunisasi Dasar dan Lanjutan di wilayah UPT Puskesmas Concong Luar.

Pelayanan Kesehatan yang diberikan yaitu Pemberian imunisasi bagi Calon Pengantin yang belum lengkap status T5, pembuatan Surat keterangan Sebagai bukti imunisasi TT bagi Calon Pengantin serta penyuluhan dan konseling kesehatan kepada calon pengantin. Pemberian catatan imunisasi sebagai persaratan tambahan bagi siswa dan siswi yang masuk Sekolah. Skrining TT ini bisa dimulai dari imunisasi pada saat bayi, dan bias di Sekolah. Pemberian TT tidak diberikan jika TT sudah lengkap (long life status T5) yang harus di buktikan dengan catatan kesehatan (buku KIA, rekam medis, kartu imunisasi, kohort). Untuk itu Mou ini tidak hanya bersama KUA dan sekretariat Phala Viriya tetapi juga untuk Kepala UPTD Pendidikan beserta kepala sekolah, bahwasannya catatan imunisasi merupakan persyaratan tambahan untuk masuk sekolah, jelas Ibu Inda Oktari dari tenaga Promosi Kesehatan UPT. Puskesmas Concong.

WhatsApp Image 2017-05-31 at 10.14.08Dengan gebrakan ini dimaksudkan agar setiap orang tua akan membawa anaknya sedini mungkin untuk imunisasi. Namun, perlu ditekankan apabila anak yang ingin masuk sekolah tidak memiliki kartu imunisasi, bukan berarti tidak bisa masuk sekolah tetapi puskesmas menyediakan pelayanan untuk skrining dan memberikan catatan imunisasi secara gratis, jelas ibu Rugayah selaku pemegang program. Pak KUA, Sekretariat Phala Viriya dan Kepala UPTD Pendidikan menyambut baik akan sosialisasi ini dan mendukung penuh kegiatan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *