Skip to main content

Sosialisasi GERMAS Oleh UPT Puskesmas Pengalihan Enok Untuk Menuju Masyarakat Sehat.

Foto : UPT Puskesmas Pengalihan Enok

Pengalihan Enok – Selasa (16/11/2021).
Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) di wilayah UPT Puskesmas Pengalihan Enok, Kecamatan Enok. Kegiatan ini dihadiri  30 peserta setiap desa yang dihadiri oleh Pemerintah desa, Tim PKK, Kader kesehatan, Kader PHBS dan masyarakat setempat, kegaitan dilakukan di Aula Kantor Desa Jaya Bhakti.

Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di indonesia, kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi .

Perubahan pola hidup masyarakat yang mungkin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau gerakan masyarakat hidup sehat dicanangkan oleh kementrian kesehatan republik Indonesia penyakit menular seperti Tuberkulosa, diare, demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak di temui ,kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti Diabetes, Kanker dan Jantung Koroner.

Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistimatis dan terancana yang dilakukan bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran ,kemauan, kemampuan berprilaku sehat ,pelaksanaan germas harus dimulai dari keluarga ,karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Gerakan ini juga merupakan gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai dari menurunkan beban penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan. Menghidarkan terjadinya penurunan produktifitas, menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Foto : UPT Puskesmas Pengalihan Enok

Megawaty, SKM Pemegang program Promkes UPT Puskesmas Pengalihan Enok mengatakan adapun materi yang disampaikan ada 7 (tujuh) langkah pentingnya dalam mewujudkan gerakan hidup sehat ini yaitu:

Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari
Mengkonsumsi buah dan sayur
Tidak merokok
Tidak mengkonsumsi Alkohol
Memeriksakan kesehatan secara rutin
Membersihkan lingkungan
Menggunakan Jamban

Denga Tujuan :
Kesehatan lebih terjaga
Hidup lebih produktif
Lingkungan menja dibersih
Biaya berobat berkurang

Dalam kegiatan ini masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai GERMAS dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Para peserta nampak aktif dan interaktif, bahkan beberapa peserta nampak aktif melakukan tanya jawab dengan pemateri.

“Harapan kepala Puskesmas Pengalihan Enok Baihaqi, SKM, M.Kes dengan adanya kegiatan ini agar masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup sehat dan tetap mematuhi protokol kesehatan terutama pada masa pandemi… ayo hidup sehat dimulai dari kita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *