Keritang. 19/02/2019.  Sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakkan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

UPT puskesmas Pengalihan Keritang dalam kegiatan ini di wakili penanggung jawab Promkes melaksanakan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dan pemberian tablet FE pada remaja putri MTS ATTAUFIQIAH desa Teluk Kelasa wilayah kerja UPT Puskesmas Pengalihan Keritang.

GERMAS merupakan gerakkan nasional yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dengan masyarakat sehat.

Adapun 7 langkah yang bisa dilakukan masyarakat dalam rangka membiasakan hidup sehat :
1. melakukan aktivitas fisik
2. mengonsumsi sayur dan buah
3. tidak merokok
4. tidak mengonsumsi alkohol
5. memeriksa kesehatan secara rutin
6. membersikan lingkungan
7. menggunakan jamban

Juga dalam kegiatan ini PJ promkes Pengalihan Keritang melakukan sosialisai pada remaja dan pemberian tablet FE karena remaja putri merupakan bibit penerus bangsa, mulai dari dini menjalankan hidup bersih dan dalam pemberian tablet Fe harus di selingi dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya dengan zat besi.

 

sumber : Robiatun Adawiyah, (Promkes Pengalihan Keritang)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini