Skip to main content

SOSIALISAI IMUNISASI TT WUS BAGI CALON PENGANTIN DAN LOKMIN SEWILAYAH UPT. PUSKESMAS PENGALIHAN ENOK DENGAN LINTAS SEKTOR TAHUN 2017

1Tanggal 09 Mei 2017 UPT.  Puskesmas Pengalihan Enok mengadakan kegiatan Sosialisasi TT WUS bagi caten atau calon pengantin sekaligus Lokmin yang dihadirkan dari Dinas Kesehatan, Lintas Sektor, maupun Lintas Program. Kegiatan Sosialisasi TT catin ini dilakukan agar para wus/pasangan usia subur diharapkan untuk melakukan suntik TT wus dengan bertujuan untuk membuat keluarga sehat.

Diharapkan juga melalui kerjasama bersama Bapak Sekcam dan Kepala Desa wilayah kerja Puskesmas Pengalihan Enok dapat memberitahukan kepada para caten untuk ke Puskesmas melakukan TT terlebih dahulu sebelum menikah.

“Adapun kesepakatan yang dilakukan yaitu KUA Enok, Kades wilayah kerja UPT. Puskesmas Pengalihan Enok, siap mendukung program imunisasi TT catin. setiap calon pengantin wajib mendapatkan imunisasi TT (caten) dan konseling kesehatan reproduksi di Puskesmas Pengalihan Enok  ditandai dengan kartu imunisasi, setiap caten harus membawa surat pengantar dari kades setempat untuk mendapatkan imunisasi TT, dan pemberian TT caten bisa didapatkan di Puskesmas, Pustu dan “gratis”. ungkap Rahayu, SKM selaku tenaga Promkes Puskesmas Pengalihan Enok kepada MCT Dinkes melalui akun Pribadi selulernya.

“Dengan adanya kesepakatan inilah kita bisa menerapkan calon pengantin sehat dan membentuk keluarga sehat dimasa depan”, tambahnya.

2Sedangkan hasil dari Lokmin ini yaitu masih banyaknya masyarakat yang tidak ber PHBS dalam Rumah tangga,  UPT Puskesmas Pengalihan Enok sangat berharap kepada Lintas Sektor untuk dapat bekerjasama dalam membentuk rumah tangga yang sehat yaitu salah satunya mengajak masyarakat Desa untuk berpartipasi dalam kegiatan PHBS ini. Masalah yang paling banyak dalam masyarakat yaitu masih banyaknya merokok di dalam rumah sehingga masalah terdapatnya jumlah TB Paru yang masih tinggi. Diharapkan dengan permasalahan ini dapat dibentuknya Pos TB di setiap Desa wilayah Pengalihan Enok. Dengan adanya Pos TB ini masayarakat dapat melakukan pengabotan TB secara teratur serta jarak yang dekat untuk memudahkan masayrakat berkunjung ke Pelayanan Kesehatan.

Narasumber: Promkes PKM. Pengalihan Enok@Rahayu, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *