Sabtu, 27/04/2019. Program yang di laksanakan Puskesmas Sungai Salak, Kecamatan Tempuling sejak beberapa tahun lalu di dalam menjaga kebugaran masyarakat berkategori lanjut atau biasa di kenal dengan lansia terus berjalan. Bahkan eksisnya program tersebut tidak hanya di laksanakan di wilayah ibukota Kecamatan saja, namun terus bergerak rutin hingga wilayah perdesaan se Kecamatan Tempuling yang di gerakkan langsung oleh tenaga kesehatan pustu desa.

Tehnik kebugaran yang terus berlanjut dan paling mudah di dalam sosialisasi serta memasyarakat yang kini terus di gencarkan adalah gerakan kebugaran senam sehat yang terus di gelar setiap sabtu pagi oleh masing masing desa.

Desa Teluk Kiambang Kecamatan Tempuling menjadi bagian dari perjalanan program tersebut yang terus berlangsung hingga kini menggelar senam sehat lansia yang berlokasi di halaman Pos Terpadu Babinsa, Babinkamtibmas pasar Teluk Kiambang dengan instruktur senam tenaga kesehatan Pustu desa Atri Susilawati ,AMD. Kep dan di ikuti puluhan lansia desa.

“Di dalam perjalanan program yang terus eksis hingga kini, menurut Atri Susilawati kegiatan ini merupakan pendekatan yang terus kita lakukan terhadap lansia agar memperhatikan kesehatannya secara rutin dan langsung ataupun melalui berbagai kegiatan yang membuat lansia dapat bersilaturrahmi dan terus berbicara tentang kesehatan diri bersama lansia lainnya. Dan senam sehat yang kita laksanakan adalah bahagian daripada silaturrahmi mereka yang kita aplikasikan dalam gerakan kebugaran serta pantauan kesehatan lainnya secara langsung seperti pemriksaan tekanan darah (tensi), kolesterol, asam urat, dan Diabetes. Dengan pndekatan ini tambah Atri, tenaga kesehatan juga akan lebih mudah mendeteksi masalah kesehatan yang dihadapi para lansia desa dan turut menjaga secara maksimal kesehatan mereka. Tutupnya”.

 

NARASUMBER : ASMULIYANTI, SKM (PUSKESMAS SUNGAI SALAK)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini