SEBARKAN INFORMASI BAHAYA PENGGUNAAN RHODAMIN B PADA TERASI, DINAS KESEHATAN DAN DISPERINDAG INHIL BERSAMA BBPOM RIAU KUNJUNGI KECAMATAN TANAH MERAH

Dinas Kesehatan dan img_2128Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Riau melakukan sosialisasi ke Kecamatan Tanah Merah, Rabu (31/8/2016). Kedatangan rombongan itu untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang bahaya penggunaan Rhodamin B, terutama kepada para produsen terasi di daerah pesisir itu.

Camat Tanah Merah, Yuliargo dalam sambutannya mengatakan dengan adanya sosialisasi itu, bisa memotivasi para pembuat terasi untuk membuat terasi yang baik tanpa menggunakan zat berbahaya.

”Kecamatan Tanah Merah memiliki potensi yang besar dalam hal hasil laut, termasuklah terasi udang. Hasil industri rumah tangga kami sangat banyak, mohon pengarahannya untuk membuat produk yang berkualitas,” sebut Yuliargo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Zainal Arifin pada kesempatan itu menuturkan, adanya potensi yang besar dalam hal industri rumah tangga di Tanah Merah harus difasilitasi dengan baik.

”Jika terasi dikemas dalam bentuk yang bagus maka akan meningkatkan nilai jual, ada merk, lebel halal serta kode BBPOM maka akan memikat pembeli. Tapi kita membuat terasi itu dalam takaran kesehatan dalam artian tidak menggunakan zat berbahaya,” tukas Zainal Arifin.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Riau, Adrizal menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan penyuluhan bahaya penggunaan Rhodamin B ini secara menyeluruh agar terasi yang ada di Inhil bebas dari zat berbahaya.

Ia juga menuturkan terimakasih atas perhatian Pemkab melalui Dinas Kesehatan dan Disperindag Inhil yang membantu proses penyebaran informasi itu.

”Kami berharap ini bisa memberikan pengetahuan tentang bahayanya zat Rodamin B, jadi bisa membuat peringatan untuk para pembuat terasi agar tidak menggunakannya. Kami juga berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk menyampaikan bahaya penggunaan Rhodamin B ini,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *