Skip to main content

SEBANYAK DELAPAN POSYANDU DISETIAP KELURAHAN DI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA SUDAH MEMILIKI POSYANDU PLUS.

Posyandu Plus adalah Posyandu Balita yang sudah ada hanya fungsinya dikembangkan dengan menambah kegiatan “SDIDTK (Stimulsi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak), pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut, pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), penyuluhan kesehatan serta terintegrasi dengan TK/Paud dan Bina Keluarga Balita (BKB).

Posyandu merupakan unit terkecil milik masarakat yang berperan besar dalam peningkatan sumber daya manusia.

Dengan terintegrasi antara posyandu dengan BKB dan PAUD, semua pelayanan dilakukan disatu tempat oleh kader-kader masyarakat demikian pula dengan pengelolaannya, saling berkoordinasi dan bekerjasama antara pelayanan di Posyandu, BKB dan PAUD.

Pembentukan posyandu plus ini tidak semata-mata hanya dilakukan oleh pihak puskesmas tetapi Lintas sektor juga berperan besar dalam pembentukan ini. Dukungan oleh TP-PKK Kecamatan Tembilahan dan Lurah serta kerjasama dari Kepala TK/Paud juga menjadi peranan penting dalam pembentukan posyandu plus ini.

Selain itu peran kader juga sangat penting, ketika ditengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga tapi juga dapat mengambil peran yang signifikan di posyandu. Di masyarakat kader adalah rujukan pertama dalam mencari solusi bagi masalah kesehatan yang sedang dihadapi.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Puskesmas Tembilahan Kota drg. Hj Wahyu Winda,M.Si melalui pemegang program Promkes Hj Nurlian, SST bahwa harapannya melalui integrasi dan pelayanan yang komprehensif ini mendorong masyarakat untuk terus memanfaatkan posyandu dan menjadi contoh bagi posyandu-posyandu lainnya.

“Kami berharap setiap posyandu yang ada menjadi posyandu menjadi podyandu plus dan terintegrasi TK/PAUD dan BKB sehingga masyarakat meningkatkan pemanfaatan posyandu untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat” harapnya.

Editor : Saipur Rahman

Sumber : Monica Julya Hidayad, SKM promkes Puskesmas Tembilahan Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *