SEBANYAK 300 KADER LASKAR NUSANTARA SEHAT RESMI DILANTIK

Setelah melalui tahap sosialisaspenyematan-pini dan pembinaan Team Based Nusantara Sehat di UPT Puskesmas Sungai Guntung Kecamatan Kateman sejak Desember 2015. Akhirnya, Dinas Kesehatan Indragiri Hilir resmi meluncurkan program Laskar Nusantara Sehat dan melantik 300 kader. Peluncuran (Launching) dan pelantikan Laskar Nusantara Sehat, Jumat (28/10/2016) pagi, bertempat di Balai Rakyat Kecamatan Kateman, Jalan Kesehatan no.34 yang terletak berhadapan dengan UPT Puskesmas Sungai Guntung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes yang diwakili oleh Kepala Bidang PPKDPK melantik 300 Laskar Nusantara Sehat yang ditandai dengan penyematan pin perwakilan tiap sekolah yang telah melalui proses pendampingan selama satu (1) tahun untuk dilantik.

Tampak hadir, Camat Kateman, Kepala Kepolisian Resort Kateman, Komandan Rayon Militer Kateman, Komite Sekolah Kecamatan Kateman,  Kepala Sekolah serta guru-guru, dan ratusan siswa-siswi dari masing-masing desa yang hadir mengikuti pelantikan tersebut.

Laskar Nusantara Sehat memiliki peran sebagai perpanjangan tangan dari Tenaga Nusantara Sehat yang di tempatkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia selama 2 tahun di UPT Puskesmas Sungai Guntung.

 “Kami melatih para remaja secara intensif setiap bulan di masing-masing sekolah. Sedikit-demi sedikit kita pupuk  materi kesehatan yang kekinian paling beresiko terhadap komunitas mereka, seperti narkoba, kesehatan reproduksi, penyakit-penyakit yang rentan di alami usia mereka.” Keterangan salah satu anggota Nusantara Sehat, Bagus Dwi Prayitno.

Dengan melakukan kaderisasi remaja diharapkan dapat menjadi penyambung aksi Team Based Nusantara Sehat dalam menjalankan program kesehimg_8762atan. Nusantara Sehat merupakan program Kemenkes yang mengirimkan tenaga kesehatan berbasis Tim di Daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *