madu-lebahMadu memang memiliki yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hampir semua penyakit bisa dibantu penyembuhannya dengan meminum madu. Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, bahwa seseorang datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan mengadu, “Wahai Rasulullah, saudaraku terkena diare. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kemudian bersabda, “Minumkanlah madu kepadanya”. Orang itupun kemudian meminumkan madu kepada saudaranya. Akan tetapi, ia kemudian datang lagi kepada Nabi dan mengadu untuk kedua kalinya, “wahai Rasulullah, aku sudah meminumkan madu kepadanya, tetapi diarenya justru semakin parah”. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun bersabda lagi, “Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya”. Orang tersebut pun lantas meminumkan madu lagi kepada saudaranya itu. Ia pun kembali datang mengadu, “wahai Rasulullah, minum madu justru semakin memperparah diarenya”. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kemudian bersabda, “Maha benar Allah dan telah berdusta perut saudaramu. Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya”. Orang tersebut lantas pergi, dan meminumkan madu kepada saudaranya. dan tak lama kemudian, saudaranya itu pun sembuh. Berikut akan kita ulas manfaat dari khasiat madu bagi kesehatan lambung.

  1. Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Salah satu kandungan baik yang dimiliki madu adalah alkali. Madu merupakan salah satu zatyang mampu melakukan reaksi alkali. Pada umumnya reaksi ini bisa menetralisasiasam yang terdapat di dalam lambung dengan cara membentuk garam. Dengan demikian maka sudah jelas bahwa madu merupakan obat yang paling utama dan mampu untuk menurunkan asam lambung tinggi yang berada di lambung yang menyebabkan sakit maagh. Selain itu, dengan adanya reaksi alkali yang kemudian mampumengontrol kadar asam di dalam lambung, maka infeksi pada lambung dan usus 12 jari bisa terhindari. Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi madu adalah saat lambung kosong dari makanan. Berdasarkan penelitian ilmiah, madu menyebabkan berkurangnya zat asam dan hilangnya nanah infeksi setelah pengobatan dengan cara diminum dalam beberapa minggu sejak masa pengobatan.

  1. Menghilangkan Abses Pada Tukak Lambung

Cara paling efektif untuk mengobati asam lambung dengan menggunakan madu adalah dengan cara mengkonsumsinya justru ketika perut anda sedang kosong, hal ini berguna agar reaksi madu tersebut langsung ber-efek pada lambung dan seketika mengurangi zat asam. Selain itu juga dengan keadaan lambung yang kosong maka ia madu bisa menghilangkan nanah akibat infeksi dari asam lambung tersebut.

  1. Meningkatkan Kinerja Organ Pencernaan

Selain memiliki kandungan alkali yang tinggi, madu juga memilki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri kalium sendiri berguna untuk membantu meningkatkan kinerja pencerrnaan dan kemudian membentuk lapisan alkali yang berguna untuk membantu penyembuhan asam lambung tersebut. Dianjurkan bagi para penderita asam lambung untuk mengkonsumsi madu sebanyak 1-2 sendok teh ketika sedang merasa sakit pada bagian lambung. Dengan mengkonsumsi meminum madu tersebut maka rasa sakit bisa berkurang.

  1. Meringankan Rasa Sakit

Madu yang memiliki kemampuan Vikositas tersebut mampu mengurangi gejala asam lambung. Madu memiliki kandungan gula alami yang selama beberapa abad selalu di gunakan sebagai obat. salah satu cara mengurangi rasa sakit selama anda menderita asam lambung adalah dengan mengkonsumsi madu dan dicampur dengan air hangat. efek hangat dari air madu tersebut akan tarasa melindungi lambung anda dan mengakhiri rasa sakit pada lambung anda.

Apa itu Penyakit Asam Lambung ?

Saya yakin hampir semua pembaca pernah mengalami penyakit asam lambung ini. Penyakit asam lambung atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan penyakit maagh ini adalah penyakit yang muncul karena kadar asam di dalam lambung terlampau tinggi. Biasanya kadar asam yang terlalu ttinggi di lambung ini muncul akibat dari makanan atau minuman yang terlalu asam. Pedas atau jenis minuman seperti alkohol dan lain-lain. Selain jenis makanan, pola makan yang sering terlambat juga bisa menyebabkan munculnya asam lambung ini. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan munculnya penyakit asam lambung atau maagh:

  • Merokok
  • Makan – makanan yang berminyak
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan asam
  • Minuman Alkohol
  • Stress
  • Kurang makan sayur dan kurangnya mendapatkan asupan serat
  • Kurang minum air putih
  • Terlalu banyak minum kopi

Sumber: http://dakwahsyariah.blogspot.com/2013/09/madu-adalah-obat-sunnah-segala-penyakit.html#ixzz4NQ4wQELX

http://dakwahsyariah.blogspot.co.id/2013/09/madu-adalah-obat-sunnah-segala-penyakit.html

http://halosehat.com/penyakit/asam-lambung/madu-bagi-penderita-asam-lambung

 

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini