Skip to main content

Rapat Tim Audit Maternal Perinatal (AMP) Oleh Dinas Kesehatan

Rapat pembentukan tim Audit Maternal Perinatal

Pada kesempatan ini, di hadiri dr. Alfianes SpOG (Spesialis Kandungan), Sekretaris PKK Kab. Inhil, IBI, Kabid PPM BAPPEDA, RSUD Puri Husada, RSUD Raja Musa dan Kepala Puskesmas se Kab. Inhil. Dinas kesehatan melakukan rapat tim audit maternal perinatal (AMP) di aula hotel Inhil Pratama (IP) Tembilahan pada Rabu (09/06/2021).

kurangnya pendidikan seputar kesehatan reproduksi merupakan salah satu faktor yang meyebabkan tingginya angka kematian ibu dan angka kematian bayi serta tidak adanya pemeriksaan kehamilan (antenatal care) dan perawatan masa nifas dan kurang nya tenaga medis serta tidak di tangani di fasilitas kesehatan yang memadai.

pada tahun 2019 di Kabupaten Inhil ada 7 angka kematian ibu di sebabkan perdarahan dan 3 di sebabkan lain-lain dan pada tahun 2020 terdapat peningkatan menjadi 10 angka kematian ibu yang di usia ibu berumur 20-34 tahun dan jumlah kematian bayi pada tahun 2020 berjumlah 12 kematian.

Dengan adanya rapat tim Audit Maternal Perinatal (AMP) memacu pada tingginya angka kematian ibu dan angka kematian bayi untuk itu perlu di lakukan rapat tim untuk mengatasi tingginya angka kematian ibu dan angka kematian bayi dengan melakukan pembentukan tim Audit Maternal Perinatal (AMP) Kabupaten/Kota dengan melakukan persiapan adanya orientasi tim Audit Maternal Perinatal (AMP) dan pelatihan pengumpulan dan pelaporan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *