Skip to main content

RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KOMISI PENANGGULANGAN AIDS (KPA) KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DI PUSKESMAS PULAU BURUNG

Puskesmas Pulau Burung mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Indragiri Hilir di Aula Puskesmas Pulau Burung, rabu, ( 25/09/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Pulau Burung yang diwakili oleh Razali,S.Sos, KPA Kabupaten Indragiri Hilir Indra Pakhroni, Kepala Puskesmas Pulau Burung Erlina,SKM, beserta staf dan Perwakilan dari PKK Dra. Wiwik Sulatmi.

Kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan Program Komisi Penanggulangan Aids di buka langsung oleh Camat Pulau Burung yang diwakili oleh Razali,S.Sos, kemudian di lanjutkan oleh Kepala Puskesmas Pulau Burung.

Dalam rapat, Indra Pakhroni dari dari Komisi Penanggulan Aids (KPA) Kabupaten Indragiri Hilir menyampaikan bahwa dari 246 kasus yang KPA jumpai 86 diantaranya meninggal dunia akibat penyakit HIV-AIDS. Jumlah kasus HIV di Kabupaten Indragiri Hilir berdasarkan jenis pekerjaan yang tertinggi ialah karyawan/tenaga nonprofesional yang jumlahnya 79 kasus kejadian HIV kemudian di susul oleh ibu rumah tangga (IRT) 61 kasus HIV.

Untuk menanggulangi kejadian HIV-AIDS agar tidak meluas perlu dilakukan strategi khusus seperti pemutusan mata rantai penularan populasi resiko rendah seperti ibu hamil, kemudian melakukan screaning HIV pada ibu hamil tanpa terkecuali, Screaning HIV pada Catin ( Calon Pengantin) bekerja sama dengan kantor urusan agama (KUA) dan melakukan penyuluhan rutin pada sekolah tentang HIV-AIDS.

Kepala Puskesmas Pulau Burung melalui Tenaga Promkes Zakaria, SKM mengatakan ” dengan adanya kegiatan ini, saya berharap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan KPA bisa bekerjasama dalam hal mencegah, menemukan dan kemudian mengobati penyakit HIV-AIDS ’’.

Semoga kita semua, terutama kepada pasangan yang sudah menikah terhindar dari penyakit HIV-AIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *