Skip to main content

PUSTU KUALA SELAT SOSIALISASIKAN PKPR DAN PHBS KE SEKOLAH-SEKOLAH, GUNA TINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REMAJA

Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masalah kesehaphbsstan di usia remaja, Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) Puskesmas Sungai Guntung, tepatnya Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Kuala Selat mengunjungi sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA.

Kunjungan tersebut, tidak lain untuk mensosialisasikan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan.

”Kegiatan itu telah kita laksanakan di tiga sekolah, yaitu SMK Ankasa, SMP Satu Atap dan MTS An-Nur yang terletak di Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman,” jelas Pauzi, Kepala Pustu Kuala Selat.

Pauzi menuturkan, kegiatan tersebut dilakukan oleh para petugas kesehatan di Pustu Kuala Selat.

”Insya Allah kegiatan ini akan kita laksanakan secara berkesinambungan, karena kita ingin meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM  ) generasi muda dan menjauhkan mereka dari pengaruh narkoba dan masalah kesehatan lainnya di kalangan remaja,” tukas Pauzi.

0 thoughts to “PUSTU KUALA SELAT SOSIALISASIKAN PKPR DAN PHBS KE SEKOLAH-SEKOLAH, GUNA TINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REMAJA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *