Skip to main content

PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA SOSIALISASIKAN PERDA NO. 05 KAWASAN TANPA ROKOK

IMG-20170302-WA0009Bersamaan dengan diresmikannya Posyandu Remaja  02/03/ di MTSN SA’ADAH Tembilahan Kota, Puskesmas Tembilahan Kota juga mensosialisasikan Perda No. 05 Tahun 2016 tentang kawasan Tanpa Rokok (KTR). Sosialisasi ini dianggap penting karena  Aturan merokok ini tidak hanya akan diberlakukan di kantor-kantor lingkungan Pemerintah, Tapi juga gedung legislatif, tempat ibadah, sekolah, sarana pelayanan kesehatan, tempat bermain anak, dan tempat perbelanjaan. Sosialisasi yang diresmikan langsung oleh Bapak Lurah Tembilahan Kota ini mengundang perhatian dari seluruh siswa dan siswi dengan pemaparan langsung oleh dr. Bayu.

Beliau mengharapkan dengan adanya Posyandu Remaja dan juga sejalan dengan Peraturan Daerah Kab. Inhil No. 05 Tahun 2016 yakni tentang kawasan tanpa Rokok, “Semoga dengan adanya Posyandu Remaja ini warga Khususnya siswa/siswi MTSN Sa’adah akan menciptakan kawasan tanpa rokok di lingkungannya” ujar dr. Bayu.IMG-20170302-WA0012

KTR ini bertujuan untuk memberikan pelindungan yang efektif kepada para perokok pasif (yang terpaksa menghirup asap rokok dari perokok) dari bahaya asap rokok dan memberikan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat serta melindungi kesehatan masyarakat secara umum dari dampak buruk merokok baik langsung maupun tidak langsung, Untuk itu pemerintah memandang perlu adanya peraturan untuk menyelamatkan masyarakat dari bahaya rokok yaitu salah satunya dengan menerapkan undang-undang tersebut.

Sumber: Tenaga Promkes Monica Julya Hidayat, SKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *