Skip to main content

PUSKESMAS TEMBILAHAN KOTA BENTUK POSYANDU REMAJA DI SEKOLAH

pr-tbh-kotaTembilahan, 31 mei 2016. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda atau Remaja sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga mereka sebagai harapan Bangsa tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remajamengingat dangkalnya pengetahuan dan dampak negatif yang mengkhawatirkan moral tersebut untuk itu UPT Puskesmas tembilahan Kota mengambil inisiatif sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang sangat perduli akan bahaya berkelanjutan dari minimnya pengetahuan kaum Remaja tersebut untuk itu Puskesmas tembilahan Kota dengan gencarnya melaksanakan program Pelayanan Kesehatan Peduli remaja (PKPR) di wilayah UPT Puskesmas Tembilahan Kota. Berdasarkan keterangan yang telah dihimpun oleh Team Media Center Kesehatan Inhil melalui Kepala UPT Puskesmas ibu drg. Wahyu Winda, Puskesmas Tembilahan Kota melaksanakan Pelatihan kader kesehatan remaja/ konselor sebaya dalam rangka pembentukan posyandu remaja di sekolah. mendukung kegiatan ini Puskesmas Tembilahan Kota menghadirkan Sat. Narkoba polres inhil Bpk syarifuddin harahap sebagai narsumber dan dari puskesmas juga tampil Bidan koordinator yang turut memberikan materi tentang kesehatan reproduksi remaja (Novita yanti ) , juga petugas Gizi tentang kebutuhan gizi remaja (erna dewi), petugas Promosi kesehatan memberi materi tentang penyuluhan kesehatan pada remaja. kegiatan ini diramaikan oleh siswa-siswi SMP/SMA diwilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota, Pesertanya 2 orang utusan setiap sekolah ( total 24 orang), Beserta 1 orang guru setiap sekolah.

pr-tbh-kota1drg. Winda menuturkan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk menarik partisipasi dari remaja dalam pembangunan kesehatan khususnya di wilayah kerja UPT puskesmas trmbilahan kota berupa: pemberian informasi dan edukasi kesehatan reproduksi remaja, konseling kesehatan, pendidikan keterampilan hidup sehat, pemberian pengetahuan tentang pentingnya pendidikan NArkoba Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) bagi remaja, Menciptakan wadah generasi muda yang sehat dan berkualitas melalui pembentukan posyandu remaja.

beliau juga menambahkan bahwa upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita. Sasaran: remaja disekolah dan luar sekolah. Para konselor dilatih dan diberi pengetahuan tentang kesehatan, kesehatan reproduksi, perilaku hidup sehat, HIV / AIDS, NAPZA dan Hukum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *